Analisis Usaha Milkshake Susu Sapi dengan Berbagai Varian Rasa di Desa Krajan Timur Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Nastania, Julia (2022) Analisis Usaha Milkshake Susu Sapi dengan Berbagai Varian Rasa di Desa Krajan Timur Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN AKHIR_JULIA NASTANIA_D31201089.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Susu sapi merupakan cairan berwarna putih hasil sekresi dari ambing pada binatang mamalia betina yang mempunyai komposisi gizi ideal, tetapi konsumsi susu sapi di Indonesia rendah, maka dari itu diadakannya inovasi menjadi milkshake susu sapi. Milkshake (susu kocok) merupakan minuman dingin dari campuran susu, perasa, es dan bahan tambahan lainnya yang kemudian dikocok hingga berbusa. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini untuk melakukan proses produksi, analisis usaha, dan melakukan bauran pemasaran produk milkshake susu sapi. Pelaksanaan tugas akhir dilakukan selama dua bulan dari tanggal 15 Oktober 2022 sampai dengan 12 November 2022 yang bertempat di Desa Krajan Timur Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder sedangkan metode proses produksi menggunakan produksi secara langsung. Hasil proses produksi dilakukan sebanyak lima kali menggunakan satu tenaga kerja selama empat jam kerja yang menghasilkan 20 kemasan dalam satu kali produksi, dengan total 100 kemasan yang bervolume isi 250 ml/botol. Metode analisis menggunakan analisis BEP, R/C Ratio dan ROI. Hasil dari BEP (produksi) sebesar 17 botol dengan total produksi sebanyak 20 botol, BEP (harga) Rp 8.921,4,/botol dengan penetapan harga jual Rp 10.000,-/botol, nilai R/C Ratio 1,12 dan ROI 1,14%, sehingga berdasarkan dari ketiga metode analisis usaha tersebut produk milkshake susu sapi ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran, produk milkshake susu sapi dijual dengan harga Rp 10.000/botol menggunakan saluran distribusi secara langsung serta dengan pemasaran personal seling dan periklanan. Kata Kunci : Analisis Usaha, Milkshake, Susu Sapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHudori, Huda AhmadNIDN0015059008
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Milkshake, Susu Sapi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Julia Nastania
Date Deposited: 27 Jul 2023 11:09
Last Modified: 27 Jul 2023 11:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26670

Actions (login required)

View Item View Item