Kegiatan Pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo

Miftahul Hasanah, Dinar (2022) Kegiatan Pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
F31200127_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Situbondo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di daerah pesisir Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan tiga kabupaten yaitu, Probolinggo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Oleh karena wilayahnya yang berada di pesisir pantai, maka Situbondo mengembangkan kegiatan kepariwisataan cenderung terfokus pada wisata bahari. Perkembangan pariwisata di Situbondo memerlukan kolaborasi antara semua pihak terkait, seperti pemerintah, kabupaten, dinas terkait yaitu Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo. Mahasiswa memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Situbondo melalui program magang yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jember. Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan khusus terutama di bidang Bahasa Inggris dan pariwisata melalui Program Studi Bahasa Inggris dengan Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata (BKP). Selain itu, Politeknik Negeri Jember khususnya Prodi Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata juga mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan program magang satu semester agar mampu menerapkan ilmu pengetahuan selama kuliah dan memiliki pengalaman di dunia kerja maupun dunia industri. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Jurusan BKP, penulis memilih Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo (Disparpora Kab. Situbondo) sebagai tempat magang. Hal tersebut karena Disparpora Kabupaten Situbondo telah bermitra dengan Polije, penulis menganggap bahwa Disparpora Kabupaten Situbondo mampu menjadi wadah dalam menyalurkan bakat dan kompetensi dalam bidang keilmuan yang telah dipelajari selama kuliah. Selama melaksanakan magang di Disparpora Situbondo, penulis ditugaskan di Bidang Pariwisata dan Bidang Sekretariat. Selama di Bidang Pariwisata, penulis melakukan kegiatan mengikuti pembinaan pemuda dalam pembentukan desa wisata, mendistribusikan surat perintah, mengikuti pembekalan dan persiapan untuk Duta Raka-Raki Provinsi Jawa Timur. Sedangkan, di Bidang Sekretariat, penulis melakukan kegiatan mengagendakan surat masuk dan surat keluar dan membantu staf membuat Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Dari kegiatan tersebut, penulis mendapatkan pengalaman baru dan ilmu yang nantinya akan menjadi bekal untuk penulis ketika berada di dunia kerja. Penulis berharap untuk Program Studi Bahasa Inggris tetap menjalin kerja sama yang baik dengan Disparpora Kabupaten Situbondo agar dapat menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk melaksanakan program magang. Dan penulis berharap Program Studi Bahasa Inggris mampu memberikan informasi terkait instansi/lembaga yang akan dijadikan tempat magang agar mahasiswa mempunyai gambaran tentang tugas dan keadaan umum suatu instansi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayatu Miqawati, AlfiNIP198504132015042007
Uncontrolled Keywords: Disparpora Situbondo, Desa Wisata, Duta Raka-Raki
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 512 - Sastra (dan Bahasa) Indonesia
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Dinar Miftahul Hasanah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:03
Last Modified: 27 Jul 2023 08:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item View Item