Uji Lapang dan Sertifikasi Benih Tanaman Sorgum di Kebun Benih Palawija Tasnan Bondowoso

Agustina, Dian (2023) Uji Lapang dan Sertifikasi Benih Tanaman Sorgum di Kebun Benih Palawija Tasnan Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
A42191632_RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
A42191632_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
A42191632 (1) FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
A42191632_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)

Abstract

Tanaman sorgum merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang sangat berpotensi, baik untuk pangan, pakan, dan industri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka salah satunya adalah menggunakan benih yang bermutu dan terjamin kemurniannya. Penggunaan benih yang bermutu ini, berpengaruh pada hasil yang didapatkan. Benih yang bermutu ditandai dengan adanya sertifikat benih yang telah diakui dan terjamin kemurniannya. Salah satu perusahaan pembenihan padi Kabupaten Bondowoso adalah Kebun Benih Palawija Tasnan, kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Tujuan pelaksanaan ini adalah melaksanakan kegiatan budidaya dan sertifikasi benih yang dilakukan oleh penangkar Kebun Benih Palawija Tasnan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1 Maret sampai 30 Juni 2023 di Tasnan Bondowoso. Kegiatan umum praktik kerja lapang di Kebun Benih Palawija Tasnan meliputi persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran. Pada saat budidaya untuk pembenihan lebih diperhatikan dan sering terdapat pemantauan. Hal tersebut adalah proses rangkaian dari sertifikasi benih. Dimulai dari permohonan sertifikasi, pemeriksaan pendahuluan, uji lapang pada setiap fase tanaman seperti fase vegetatif, fase berbunga, fase masak, pemeriksaan alat, pengambilan contoh benih dan uji laboratorium yang dilakukan oleh UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hostikultura (PSBTPH). Kegiatan tersebut harus dilakukan, dan lolos pertahapannya untuk mendapatkan sertifikat benih. Pembenihan sorgum ini lolos pada sertifikasi benih untuk benih dasar dan pembenihan sorgum ini menguntungkan serta layak untuk diusahakan dengan hasil B/C 1,84 dan R/C 2,84 serta telah memiliki pemasaran benih dengan hasil 2 ton benih dasar.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Tirto WahyuNIDN0017129203
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Dian Agustina
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:48
Last Modified: 28 Jul 2023 01:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26370

Actions (login required)

View Item View Item