Perkembangan Motorik Halus Anak Tuna Daksa melalui Media Permainan Pasir berbasisRealitas Tertambah

Rizki, Bagus Bachtiar (2023) Perkembangan Motorik Halus Anak Tuna Daksa melalui Media Permainan Pasir berbasisRealitas Tertambah. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (770kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (855kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan full (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

anak tunadaksa adalah anak yang memiliki anggota tubuh yang tidak sempurna. Dengan demikian, cacat ortopedi kelainannya terletak akibat adanya kelainan yang terletak pada pusat pengatur sistem otot, tulang dan persendian. Bentuk kegiatan pada anak tuna daksa itu dibedakan menjadi dua yaitu bina diri dan bina gerak. Bina diri berkaitan dengan kemampuan mengurus diri, sedangkan bina gerak berkaitan dengan mobilitas anak. Kemampuan motorik halus bisa dikembangkan, misalnya dengan berbagai permaian yang kreatif dengan cara menggali pasir dan tanah dan menuangkanair. Cara lainnya mengambil dan mengumpulkan batu-batu, biji-bijian, mainan kelereng dan benda-benda kecil lainnya. Bermain di luar ruangan sangat baik untuk perkembangan motorik sejak usia dini. dengan majunya era modern ini maka dibuatlah pelatihan motorik halus yang mengandalkan teknologi realitas tertambah yang dapat membantu anak dalam melatih motorik halus menggunakan pasir. Dengan banyaknya aktivitas dalam bermain pasir yang dapat melatih motorik halus ekstremitas atas metode ini dipilih dan di gabungkan dengan teknologi melalui realitas tertambah, diharapkan dengan metode permainan pasir dengan realitas tertambah ini akan memotivasi anak untuk berlatih lebih semangat dan menarik perhatian agar pelatihan semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLesmana, I Putu DodyNIDN0021097903
Uncontrolled Keywords: soft motoric, augmented reality, sandbox.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Bagus Bachtiar Rizki
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:22
Last Modified: 27 Jul 2023 06:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26197

Actions (login required)

View Item View Item