Mutu Organoleptik Pada Alur Proses Pengolahan Udang Kipas (Thenus orientalis) Menjadi Produk Bugmeat Di PT. Bee Jay Seafood Probolinggo

Nursetyanti, Fauziah Fajri (2023) Mutu Organoleptik Pada Alur Proses Pengolahan Udang Kipas (Thenus orientalis) Menjadi Produk Bugmeat Di PT. Bee Jay Seafood Probolinggo. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (42kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32201141_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)

Abstract

Magang merupakan salah satu kegiatan akademik yang dilakukan seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Jember sebagai syarat kelulusan. Magang adalah metode lain dari perkuliahan yang berlangsung di dalam kelas melainkan mahasiswa terjun langsung ke industri guna pengembangan profesi mahasiswa yang sesuai dengan keilmuannya untuk dipergunakan sebagai bekal memasuki dunia kerja kemudian hari. Magang dilaksanakan di PT. Bee Jay Seafood, Probolinggo yang termasuk kedalam salah satu industri perikanan dengan hasil olahan fillet ikan beku dan frozen food yang berlokasi di Jl. Tanjung Tembaga Barat, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Pelaksanaan magang yang dilakukan diantaranya melalui metode wawancara, observasi, praktik langsung, studi literatur dan pengambilan data di perusahaan. Secara garis besar, keseluruhan alur proses produksi di PT. Bee Jay Seafood meliputi proses penerimaan bahan baku, fillet, cabut duri, trimming, skinning, checking oleh checker, portion, pencucian, pengemasan, penyimpanan dalam cold storage, pendistribusian produk dan input data proses produksi fillet ikan beku. Alur proses produk bugmeat tidak jauh berbeda dengan alur proses produksi fillet ikan beku, alur proses produksi bugmeat terdiri dari penerimaan bahan, penyimpanan dalam box, pengambilan daging, penimbangan, penyortiran, trimming, portion, pencucian, pengemasan, cold storage dan pendistribusian. Selanjutnya dilakukan penilaian mutu organoleptik pada produk dengan tiga aspek penilaian yakni keutuhan, bau dan blackspot dengan skor minimal 7 pada lembar QC kontrol.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMulia Winirsya, ApriliyantiNIDN0010048804
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Fauziah Fajri Nursetyanti
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:24
Last Modified: 26 Jul 2023 08:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item