Carnelia, Cindi Dwi Anggar (2023) Analisis Usaha Bagiak Buah Naga Merah Di Desa Bangorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
1. Cindi Dwi Anggar Carnelia D31200769 - Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (119kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Cindi Dwi Anggar Carnelia D31200769 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (59kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Cindi Dwi Anggar Carnelia D31200769 - Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (64kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
3. Cindi Dwi Anggar Carnelia D31200769 - Full Test.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bagiak Buah Naga Merah merupakan oleh – oleh khas Banyuwangi berupa kue kering berbahan dasar tepung garut, tepung tapioka dicampur dengan buah naga merah dan bumbu lainnya dengan tekstur sedikit keras memiliki rasa yang manis dan gurih. Tugas akhir ini bertujuan untuk melaksanakan proses analisis usaha Bagiak Buah Naga Merah, menghitung analisis kelayakan usaha memasarkan produk kepada masyarakat. Proses pelaksanaan tugas akhir selama 4 bulan dimulai dari bulan Agustus hingga November 2022 di Desa Bangorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Proses produksi dilaksanakan sebanyak 5 kali, dalam satu kali produksi menghasilkan Bagiak Buah Naga Merah sebanyak 20 kemasan. Metode analisis usaha yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode analisis Break Event Point (BEP), analisis Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan analisis Retrun On Invesment (ROI). Hasil perhitungan pada analisis BEP (produksi) sebesar 11,32 kemasan dengan total produksi 20 kemasan, BEP (harga) menghasilkan Rp 10.193,7/kemasan. Hasil perhitungan pada analisis R/C Ratio sebesar 1,76 dan hasil perhitungan pada analisis ROI sebesar 17,55%. Pemasaran produk Bagiak Buah Naga merah dengan harga jual Rp. 18.000/kemasan, mengunakan pemasaran konsep 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Produk dipasarkan secara langsung ke konsumen dan secara tidak langsung menitipkan produk ke toko, kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan (Advertising) melalui media social WhatsApp dan Instagram bertujuan agar dapat menjangkau konsumen secara luas. Berdasarkan hasil perhitungan pada metode BEP, R/C Ratio dan ROI tersebut maka usaha Bagiak Buah Naga Merah dikatakan menguntungkan dan dapat dilanjutkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Bagiak Buah Naga | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Cindi dwi Anggar Carnelia | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 12:44 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2023 03:42 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26152 |
Actions (login required)
View Item |