Tejaningsih, Karunia (2023) Analisis Sistem Hospital Information System (HIS) di Instalasi Rekam Medis RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Menggunakan Metode PIECES Tahun 2023. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (129kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (157kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (118kB) |
Abstract
RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo DKI Jakarta merupakan salah satu rumah sakit yang mengimplementasikan Hospital Information System (HIS) sebagai sarana untuk pelayanan yang diberikan. Penggunaan HIS masih belum 100% optimal. Masih terdapat kendala dan permasalahan yang terjadi selama penggunaan Hospital Information System (HIS) seperti, waktu tunggu (reponse time) yang terkadang masih lama, kapasitas untuk unggah file rekam medis konvensional ke HIS masih terbilang kecil yaitu 2 megabyte untuk setiap filenya, sedangkan pengguna membutuhkan kapasitas yang lebih dikarenakan terdapat rekam medis yang tebal. Selain itu, untuk kegiatan koding masih belum optimal, petugas koding masih lebih banyak menggunakan Electronic Health Record (EHR) karena telah ter-bridging dengan INA-CBGs. Dengan permasalahan tersebut peneliti ingin menganalisis Hospital Information System (HIS) menggunakan metode PIECES. Metode PIECES terdiri dari 6 variabel meliputi performance yang diperlukan untuk menilai kinerja dari sistem informasi, information digunakan untuk menilai informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem, economic yang digunkan untuk menilai sistem dari segi ekonomi, control yang biasanya digunakan untuk menilai tentang keamanan sistem serta integritas dari sebuah sistem, efficiency yang digunakan untuk menilai efisiensi dari sebuah sistem, dan yang terakhir adalah service yang digunakan untuk menilai sejauh apa sistem tersebut dalam meningkatkan kepuasan dari pelanggan dan pengguna.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Karunia Tejaningsih | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:39 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:40 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26065 |
Actions (login required)
View Item |