ANALISIS KINERJA MESIN KAWASHIMA PADA PROSES PACKING KACANG ATOM DENGAN METODE Overall Equipment Effectiveness (OEE) DI PT. DUA KELINCI PATI

Fuady, Moh. Robet (2023) ANALISIS KINERJA MESIN KAWASHIMA PADA PROSES PACKING KACANG ATOM DENGAN METODE Overall Equipment Effectiveness (OEE) DI PT. DUA KELINCI PATI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31200420-LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ANALASISIS KINERJA MESIN KAWASHIMA PADA PROSES PACKING KACANG ATOM DENGAN METODE Overall Equipment Effectiveness (OEE) DI PT. DUA KELINCI PATI, Moh. Robet Fuady, NIM B31200420, Tahun 2023, 76 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Nurwahyuningsih, S.TP. M.Si (Dosen Pembimbing). PT. Dua Kelinci merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan ringan dan minuman terkemuka di Indonesia. Proses produksi di PT. Dua Kelinci menggunakan mesin – mesin yang berteknologi. PT. Dua Kelinci memiliki banyak produk, salah satu produk yang digemari masyarakat yaitu produk kacang atom, proses produksi kacang atom meliputi 2 proses yaitu proses pembuatan dan proses packing, dalam proses packing menggunakan mesin kawashima dan masih terdapat kerugian yang disesbabkan oleh beberapa faktor, untuk itu perlu tindakan evaluasi kinerja mesin dengan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Tujuan dari pengambilan data Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kinerja mesin kawashima berdasarkan perhitungan nilai OEE yang didalamnya terdapat perhitungan nilai Availability, Performance, dan Quality, serta mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi efektivitas kinerja mesin. Metode pengambilan data menggunakan primer dan sekunder yang diamati secara langsung dilapangan dan wawancara serta mengumpulkan data dari arsip perusahaan. Berdasarkan hasil pengambilan data dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa proses packing kacang atom dengan mesin kawashima belum memenuhi standar world class yang memiliki nilai OEE sebesar 85 %, sedangkan hasil yang didapatkan yaitu sebesar 83,5 % dengan nilai availability 84,9 %, performance 99 %, quality 98,3 %. Hal ini terjadi karena nilai availability masih jauh dari standar dan diakibatkan oleh man power, machine, material, dan methods.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurwahyuningsih, NurwahyuningsihNIDN199002262020122005
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Moh. Robet Fuady
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:03
Last Modified: 29 Jul 2023 07:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25965

Actions (login required)

View Item View Item