Produksi Selada Merah (Lactuca Sativa L. Var. Crispa) Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT (Nutrient Film Technique) Di Jinawi Farm

Rachman, Muhammad Zichry (2023) Produksi Selada Merah (Lactuca Sativa L. Var. Crispa) Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT (Nutrient Film Technique) Di Jinawi Farm. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT (COVER-DAPUS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) dimulai tanggal 01 Maret 2023 sampai 30 Juni 2023. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) dimulai pada pukul 06.00 – 12.00 WIB yang dilaksanakan mulai hari Senin sampai Sabtu, dengan jadwal libur yaitu hari Minggu dan hari libur nasional. Jinawi Farm memproduksi sayuran, termasuk selada merah (Lactuca sativa L. Var. Crispa), sehingga dipilih sebagai tempat PKL. Di Jinawi Farm, sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) digunakan untuk budidaya dan penggunaan sistem hidroponik dapat mengurangi area produksi. Selada merah (Lactuca sativa L. Var. Crispa) merupakan salah satu jenis varietas selada yang memiliki bentuk daun bewarna merah dan bergelombang, namun banyak masyarakat yang belum mengenali. Selada merah dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Selada merah mengandung antosianin yang dapat menangkal radikal bebas perusak sel di dalam tubuh. Hasil dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang telah dilakukan diantaranya memahami dan mengetahui budidaya selada merah (Lactuca sativa L. Var. Crispa) dengan secara sistem NFT yang sesuai mulai dari persiapan instalasi, persemaian, penanaman, perawatan, panen hingga kegiatan pascapanen. Sistem hidroponik dengan metode NFT memiliki beberapa keuntungan diantaranya yaitu membutuhkan lebih sedikit larutan nutrisi dibandingkan sistem hidroponik lainnya; suhu di sekitar akar tanaman dapat lebih mudah diatur untuk dinaikkan atau diturunkan; hama dan penyakit dapat lebih mudah dikendalikan; kepadatan tanaman per satuan luas lebih tinggi; dan karena tidak ada media atau tanah lain yang tersisa dalam sistem NFT, maka tanaman menjadi lebih bersih.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSukri, Muhammad ZayinNIDN0012016304
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, sistem NFT, Selada Merah
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: MUHAMMAD ZICHRY RACHMAN
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:13
Last Modified: 26 Jul 2023 01:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item