Analisis Perencanaan Kebutuhan Petugas Rekam Medis Rawat Jalan di RSUD Dr Saiful Anwar

Tanthifah, Arrizka (2023) Analisis Perencanaan Kebutuhan Petugas Rekam Medis Rawat Jalan di RSUD Dr Saiful Anwar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Arrizka Tanthifah G41192046 - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Arrizka Tanthifah G41192046 - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (377kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Arrizka Tanthifah G41192046 - Full Test.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Arrizka Tanthifah G41192046 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)

Abstract

Petugas Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan dan penerapannya harus didukung oleh tenaga profesi perekam medis yang berkualitas untuk memenuhi standar profesi yang telah ditentukan oleh pemerintah. Dalam menyelenggarakan rekam medis harus didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten, profesional dan kesesuaian beban kerja yang dibebankan dengan petugas yang tersedia agar tercapainya mutu pelayanan yang lebih baik. Tugas dari perekam medis yaitu pendaftaran pasien, koding, dan mengelola data pasien untuk pengambilan keputusan. RSUD Dr. Saiful Anwar merupakan rumah sakit rujukan tipe A yang terakreditasi paripurna di provinsi jawa timur sehingga memiliki angka kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap yang tinggi. Berdasarkan wawancara dengan penanggung jawab petugas rekam medis rawat jalan, bahwa beban kerja petugas rekam medis rawat jalan tidak sama tergantung pada jumlah kunjungan pasien di masing-masing poli. Jumlah petugas rekam medis yang kurang dapat mengakibatkan waktu pelayanan pasien menjadi lambat sehingga mengakibatkan antrian pasien menumpuk, hal tersebut dapat berpengaruh pada respon time pelayanan kepada pasien dan kepuasan pasien. Sehingga diperlukan petugas rekam medis baru, untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja diperlukan suatu metode untuk menghitung beban kerja petugas rekam medis rawat jalan. Hasil dari pembahasan laporan PKL dapat diketahui jumlah kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) menggunakan metode ABK-Kes untuk memenuhi komponen beban kerja di RSUD Dr Saiful Anwar sebanyak 43 orang yang terdiri dari 4 petugas bagian Antrian dan Barcode, 31 petugas bagian Loket Pendaftaran BPJS, 2 petugas bagian Loket Pendaftaran Umum, 1 petugas bagian Loket Program Rujuk Balik, 3 petugas bagian Penerimaan Setoran RM IGD, 1 petugas bagian Pengelola Casemix, 1 petugas bagian Logistik RM Rajal. Jumlah petugas rekam medis rawat jalan yang ada saat ini sebanyak 27 orang. Kesimpulan yang didapat dari langkah-langkah perhitungan menggunakan ABK-Kes Kes jumlah tenaga petugas rekam medis rawat jalan yang dibutuhkan ada 43 petugas, sedangkan jumlah petugas rekam medis rawat jalan saat ini ada 27 petugas, sehingga perlu penambahan sebanyak 16 petugas. Diharapkan usulan job specification dapat digunakan sebagai bahan masukan atau pertimbangan dalam penambahan petugas rekam medis baru di rawat jalan RSUD Dr Saiful Anwar Malang dan usulan job description dapat diimplementasikan agar dapat menciptakan kondisi kerja menjadi lebih optimal dan lebih efisien sesuai dengan beban kerja yang menjadi tanggung jawab.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraini, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Rekam Medis, Rawat Jalan
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Arrizka Tanthifah
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:02
Last Modified: 25 Jul 2023 07:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25714

Actions (login required)

View Item View Item