Proses Sortasi Jagung Menggunakan Mesin Prosesing Benih Jagung Di PT Petrokimia Gresik

Anam, Muhamad Khoirul (2022) Proses Sortasi Jagung Menggunakan Mesin Prosesing Benih Jagung Di PT Petrokimia Gresik. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (162kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31200574_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Magang memiliki tujuan untuk meningkatkan kreatifitas, menambah wawasan, dan pemahaman mahasiswa mengenai perusahaan atau industri untuk mempelajari hubungan antara teori dengan proses kerja yang ada didalam perusahaan atau industry. Mengetahui proses keseluruhan tanaman jagung mulai dari pra panen hingga proses pasca panen. Kegiatan magang dilaksanakan selama 4 bulan mulai tanggal 1 September – 31 Desember 2022 di PT Petrokimia Gresik yang berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Ngipik, Karangpoh, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam kegiatan magang yaitu metode observasi, wawancara, penerapan kerja dengan mengikuti seluruh aktivitas yang ada di dalam proses pra panen dan pasca panen pengolahan jagung di PT Petrokimia Gresik. Proses sortasi jagung adalah proses akhir dari proses pasca panen pengolahan jagung menggunakan mesin prosesing benih jagung. Bahan yang digunakan dalam proses pengolahan pasca panen adalah jagung yang telah melalui proses pengeringan dan pemipilan. Mesin prosesing benih jagung digunakan untuk melakukan proses pembersihan benih jagung dan proses sortasi secara bersamaan. Sortasi menggunakan mesin ini sangat efisien digunakan karena benih yang keluar dari mesin dalam yang berkualitas dan tepat. Sortasi bertujuan untuk memilah benih jagung sesuai dengan kriteria yang ada. Proses sortasi sangat penting dilakukan karena dapat menjadi penentu dalam menghasilkan mutu dari produk yang sangat baik. Oleh karena itu proses sortasi memerlukan ketelitian dan kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal dalam prosesnya. vii Hasil dari kegiatan magang adalah memberikan informasi tentang kegiatan pra panen hingga pengolahan pasca panen jagung menggunakan mesin prosesing benih diantaranya : a) Kegiatan lapang; b) Pembahasan alur kegiatan; c) Penjelasan bahan; d) Tujuan sortasi dengan mesin prosesing benih jagung berdasarkan dari kegiatan magang yang di lakukan di PT Petrokimia Gresik. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai proses pra panen hingga pengolahan pasca panen. Selain itu, Mahasiswa juga mendapatkan pengolahan tentang alat mekanisasi dan pengolahan pertanian pada proses pasca panen jagung

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN0004126703
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Muhamad Khoirul Anam
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:03
Last Modified: 25 Jul 2023 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item