Teknik Pengujian Kadar Air Dalam Menentukan Mutu Benih Padi Hibrida (Oryza sativa L.) di PT. Benih Citra Asia

Ristanti, Hani (2023) Teknik Pengujian Kadar Air Dalam Menentukan Mutu Benih Padi Hibrida (Oryza sativa L.) di PT. Benih Citra Asia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
A42191737_RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
A42191737_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42191737_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
A42191737_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)

Abstract

Kebutuhan akan beras di Indonesia pada tahun 2021 tercatat sebesar 114,6 kg per orang per tahun. Sedangkan ketersediaan beras pada tahun 2022 sebesar 31,54 juta ton dan produksi padi sendiri mencapai 54,75 juta ton. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa kebutuhan akan beras terus mengalami peningkatan dan ketersediaannya masih belum tercukupi. Sehingga perlu adanya pemenuhan atau peningkatan produksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produksi adalah dengan pemilihan teknik budidaya yang tepat yakni dengan penggunaan benih bermutu dan tersertifikasi. Benih merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas tanaman dan tingkat produksi yang tinggi. Proses penciptaan benih bermutu tentunya tidak terlepas dari serangkaian tahap pengujian mutu benih untuk menentukan kelayaan dari suatu benih. Pengujian mutu benih merupakan aspek penting yang dilakukan pada perusahaan benih, dimana pengujian ini berpengaruh terhadap proses produksi dari suatu tanaman dan kepercayaan konsumen dalam menggunakan produk dari suatu perusahaan. Tahapan pengujian yang dapat dilakukan diantaranya adalah uji daya berkecambah, kemurnian benih dan kadar air. Dalam pengujian mutu benih, khususnya pengujian kadar air padi pada PT. Benih Citra Asia menggunakan metode oven suhu tinggi. Pengujian kadar air dilakukan dalam kurun waktu 2 jam ± 6 menit dan melalui proses pendinginan selama 30-45 menit. Pengujian kadar air menggunakan metode oven suhu tinggi memiliki kelebihan terhadap tingkat keakuratan. Pengujian kadar air benih merupakan salah satu pengujian yang penting dilakukan untuk menghasilkan benih bermutu yang berpengaruh terhadap viabilitas dan pertumbuhan benih serta menentukan teknik penyimpanan guna memperpanjang umur simpan benih.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Tirto WahyuNIDN0017129203
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Hani Ristanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:55
Last Modified: 25 Jul 2023 02:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item