Produksi Dan Pemasaran Donat Ubi Ungu

Anggara, Farhan Putra (2020) Produksi Dan Pemasaran Donat Ubi Ungu. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text (Laporan Lengkap TA)
B32170542_LAPORAN TA LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Donat Ubi Ungu merupakan makanan penutup atau camilan yang terbuat dari bahan baku ubi ungu yang diolah dengan cara digoreng. Donat Ubi Ungu memiliki rasa yang manis, berwarna coklat pada bagian luar dan berwarna ungu pada bagian dalammya, bertekstur empuk dan lembut. Penambahan ubi ungu bertujuan untuk menambah nilai guna dari ubi ungu tersebut, menambah gizi, menambah cita rasa, dan juga sebagai pewarna alami. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui cara produksi yang optimal dan menganalisa kelayakan usaha Donat Ubi Ungu serta untuk mengetahui proses pemasaran yang baik dalam memasarkan Donat Ubi Ungu. Metode pelaksanaan program ini dilakukan diawali dengan tahap survey pasar, kemudian dilanjutkan dengan tahap pra produksi, produksi, dan analisa usaha. Parameter yang diamati meliputi rendemen, pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu proses produksi dan uji organoleptik (organoleptik mutu hedonik dan hedonik). Proses produksi Donat Ubi Ungu dilaksanakan selama 15 kali produksi dan menghasilkan total 375 kemasan. Setiap produksi menghasilkan 25 kemasan Donat Ubi Ungu yang dijual dengan harga Rp. 8.000/kemasan. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu pemasaran secara langsung secara konvensional dan melalui media online whatsapp dan Instagram. Penjualan Donat Ubi Ungu meendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1.072.735,1 dengan laju keuntungan sebesar 55,66. B/C Ratio sebesar 1,55 diamana apabila nilai B/C Ratio >1 maka usaha ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: Donat, Donat Ubi Ungi, Ubi Ungu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Farhan Putra Anggara
Date Deposited: 17 Feb 2021 23:20
Last Modified: 04 Mar 2021 06:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item