Analisis Usaha Keripik Pisang Pedas di Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro

Choirun Nisa, Ema (2023) Analisis Usaha Keripik Pisang Pedas di Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Bab. 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keripik pisang pedas merupakan salah satu camilan, produk diversifikasi dari keripik pisang, yang menggunakan bahan dasar buah pisang dengan penambahan rasa pedas dan gurih, produk ini diciptakan guna meningkatkan nilai ekonomis buah pisang. Tugas akhir ini dibuat dengan tujuan agar dapat melaksanakan proses produksi, dapat melakukan analisis usaha, dan dapat melakukan kegiatan pemasaran produk keripik pisang pedas. Tugas akhir ini bertempat di Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro dengan waktu pelaksanaan dimulai pada tanggal 01 Agustus 2022 sampai dengan 31 Desember 2022. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Produksi dilakukan sebanyak 5 (lima) kali dengan memperoleh 25 kemasan dalam satu kali proses produksi, sehingga selama dilaksanakannya tugas akhir ini mampu menghasilkan total produk sebanyak 125 kemasan. Analisis usaha yang dilakukan mengunakan metode Break Event Ponit (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return on Investment (ROI). Dari hasil analisis didapatkan BEP (Produksi) 22,46 kemasan dari total produksi 25 kemasan, BEP (Harga) Rp 8.983,32 per kemasan dengan harga jual Rp 10.000 per kemasan, R/C Ratio 1,11 dan ROI 3,44%. Berdasarkan analisis tersebut usaha keripik pisang pedas ini dinyatakan menguntungkan serta layak untuk diusahakan. Pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran 4p meliputi product, price, place, dan promotion. Produk dijual dengan harga Rp 10.000 untuk satu kemasan, dipasarkan di Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, serta menggunakan saluran pemasaran langsung dengan melakukan promosi tatap muka kepada konsumen (personal selling) serta melalui media sosial WhatsApp dan Instagram. Kata Kunci: Analisis Usaha, Keripik Pisang Pedas

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R. AlamsyahNIDN0002026802
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Analisis Usaha, Produksi Tanaman, Agribisnis Teh, Pisang Kepok, Kewirausahaan, Keripik Renyah.
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ema Choirun Nisa
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:02
Last Modified: 20 Jul 2023 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25293

Actions (login required)

View Item View Item