Analisis Usaha Carang Mas Pisang di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang

Anwar, Harisul (2023) Analisis Usaha Carang Mas Pisang di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan TA Sipora.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisi usaha carang mas pisang bertujuan untuk mengetahui dan melakukan proses produksi carang mas pisang, mengetahui kelayakan usaha carang mas pisang menggunakan metodek analisi BEP, R/C Ratio dan ROI. Proses carang mas pisang ini meliputi persiapan alat dan bahan pembuatan adonan, pengupasan, pemarutan, penggorengan, pencetakan, pelabelan, menimbang dan mengemas. Metode analisis kelayakan usaha yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return On Investment). Tujuan pembuatan laporan ini yaitu dapat mengetahui proses produksi, mengetahui analisis usaha dan mengetahui proses pemasaran carang mas pisang di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Kegiatan produksi telah dilaksanakan sebanyak 5 kali produksi. Setiap satu kali produksi dihasilkan sebanyak 19 kemasan dengan berat 100 gram/kemasan yang dijual Rp. 10.000/kemasan dan diperoleh keuntungan sebesar Rp. 54.128,43. Berdasarkan metode analisis yang digunakan pada usaha carang mas pisang diperoleh data perhitungan analisis nilai BEP (Produksi) sebesar 13,88 kemasan, nilai BEP (Harga) Rp. 7.309,03, nilai R/C Ratio sebesar 1,36 dan nilai ROI sebesar 6,92%, makausaha ini menguntungkan dan layak diusahakan. Kegiatan pemasaran carang mas ini menggunakan pemasaran secara langsung. Kegiatan promosi yang dilakukan dengan komunikasi secara langsung ke konsumen dan menggunakan aplikasi media sosial Whatsapp dan Facebook. Kata Kunci : Analisis Usaha, Carang Mas, Pisang

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMayasari, FinanciaNIDN0008078501
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Carang Mas, Pisang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Harisul Anwar
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:17
Last Modified: 18 Jul 2023 07:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25248

Actions (login required)

View Item View Item