Pengawasan Mutu Keamanan Pangan Pada Nugget Ayam Dengan Uji Boraks Dan Formalin Di Uptd Laboratorium Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Kabupaten Sidoarjo

Aisy, Maulidiyah Rihhadatul (2022) Pengawasan Mutu Keamanan Pangan Pada Nugget Ayam Dengan Uji Boraks Dan Formalin Di Uptd Laboratorium Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Kabupaten Sidoarjo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (279kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32200846_Laporan Tugas Akhir Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Produk nugget ayam harus memenuhi ketentuan yang diisyaratkan sesuai SNI 6683:2014 dimana harus terbebas dari bahan tambahan pangan berbahaya yaitu boraks dan formalin. Dinyatakan bebas boraks dan formalin tersebut harus dinyatakan dalam lembar hasil uji yang dikeluarkan oleh lembaga resmi dengan laboratorium pengujian yang bersertifikat ISO 17025. Badan yang bergerak dibidang sertifikasi yang menerbitkan surat jaminan lembar hasil uji kelayakan nugget ayam adalah UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo. Laboratorium yang dibawah Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo yang mempunyai tugas pokok yaitu menyediakan jasa pelayanan masyarakat dalam pemeriksaan laboratorium untuk pengujian kimia (boraks dan formalin), organoleptik, dan derajat cemaran pada produk hewan (pangan dan non pangan) berdasarkan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku. Kegiatan Magang di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo bertujuan untuk mengetahui cara pengujian produk hewani pada sampel nugget ayam dengan teknis pengujian Kits-Smart TM Borax Test Kit dan Formaldehyde Test meliputi penibangan sampel, pemberian reaksi atau reagen, dan pembacaan hasil. Hasil pengujian produk nugget ayam di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menunjukkan hasil positif terkontaminasi boraks pada salah satu pengujian yaitu pada sampel B1 dan negatif pada uji formalin. Hasil boraks dengan menggunakan teknis pengujian Kits-Smart TM Borax Test Kit bereaksi positif yang ditandai perubahan warna menjadi orange atau kemerahan pada test strip, sedangkan hasil uji formalin dengan menggunakan teknis pengujian Formaldehyde Test bereaksi negatif yang ditandai dengan tidak ada perubahan warna pada cairan sampel. Pengujian boraks dan formalin pada produk nugget ayam di UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo telah sesuai dengan metode KitsSmart TM Borax Test Kit dan metode Formaldehyd Test hal ini sudah cukup baik untuk itu perlu dipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo, Nugget Ayam, Boraks, Formalin
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Maulidiyah Rihhadatul 'Aisy
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:21
Last Modified: 20 Jul 2023 03:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item