Evaluasi Kepuasan Pengguna Kariadi Information System Pada Petugas Koding Rawat Inap Di Rsup Dr. Kariadi Semarang

Sukma, Harnis Tika (2023) Evaluasi Kepuasan Pengguna Kariadi Information System Pada Petugas Koding Rawat Inap Di Rsup Dr. Kariadi Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
SIPORA_PKL G4119047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kariadi Information System (KIS) merupakan sebuah sistem aplikasi yang memperoses dan mengintegrasi seluruh peroses pelayanan, mulai dari pengumpulan data, pengelohan data, penyajian informasi data hingga penyampaian informasi yang dibutuhkan di rumah sakit. Sistem manajemen informasi tersebut beroperasi sejak tahun 2019. Sistem informasi ini berisikan berbagai menu yang dapat mendukung berbagai kegiatan kerja, salah satunya pada unit kerja rekam medis yaitu pada bagian koding. Namun dalam implementasinya sistem tersebut masih ditemukan beberapa kendala, diantaranya terdapat durasi time out sistem yang terlalu cepat, sistem yang terpisah, kendala loding lama bahkan error sistem yang berdampak terhadap pelaksanaan pengkodean. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengevaluasi Kepuasan Kariadi Information System (KIS) pada petugas koding rawat inap di RSUP. Dr. Kariadi Semarang dengan menggunakan teori dari Delone and McLean (2003). Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui kuesioner, observasi, serta wawancara tidak terstruktur terhadap petugas koding rawat inap. Hasil evaluasi KIS yang dilakukan dengan ditinjau dari beberapa dimensi Delone and McLean (2003), yang mana didapatkan hasil dengan skor tertinggi adalah pada segi Net Benefits yakni sebesar 83,7%, kualitas informasi mendapat sebesar 81,2% kepuasan pengguna sebesar 78,4%, kualitas pelayanan sebesar 77,5 %, kualitas sistem sebesar 74,6%, dan skor terendah pada intensitas penggunaan yakni 74,3%. Skor tersebut memiliki arti bahwa dimensi Net Benefits dan kualitas informasi berada pada rentang skor 81-100% yaitu termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada dimensi kualitas pelayanan, intensitas penggunaan, kualitas sitem, dan kepuasan penggunaan termasuk pada rentang skor 61-80% yaitu dalam kategori baik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, IndahNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kepuasan Pengguna Kariadi Information System Pada Petugas Koding Rawat Inap
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 182 - Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Harnis Tika Sukma
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:35
Last Modified: 13 Jul 2023 03:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item View Item