Analisis Faktor Penyebab Belum Terlaksananya Review Kelengkapan Berkas rekam medis Berdasarkan Standar JCI di RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo

Ramadhani, Aulia Adis (2023) Analisis Faktor Penyebab Belum Terlaksananya Review Kelengkapan Berkas rekam medis Berdasarkan Standar JCI di RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (57kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41190964_Laporan Lengkap .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)

Abstract

Kelengkapan pengisian rekam medis menjadi salah satu faktor yang mendukung keberhasilan program akreditasi JCI. Berdasarkan hasil observasi di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo pelaksanaan review kelengkapan rekam medis secara rutin belum mengacu pada elemen penilaian standar JCI dan hanya dilaksanakan setiap triwulan oleh panitia rekam medis. Diketahui hasil review pada sampel rekam medis, terdapat 27 komponen penilaian yang memiliki presentase kelengkapan kurang dari 85%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab belum terlaksananya review kelengkapan rekam medis berdasarkan standar JCI di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo melihat pada faktor 5M (Man, Money, Material, Machine, Method). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini berdasarkan faktor man yaitu kurangnya sumber daya petugas yang dapat mengurangi beban kerja yang tinggi, berdasarkan faktor money tidak menjadi penyebab belum terlaksananya review rekam medis berdasarkan standar JCI, berdasarkan faktor machine yaitu belum tersedianya fitur pada HIS untuk mencatat hasil review rekam medis, berdasarkan faktor method yaitu belum ada kebijakan dan SOP yang mengatur mengenai review kelengkapan berdasarkan elemen penilaian standar JCI. Adapun rekomendasi yaitu penambahan petugas sebanyak 8 orang dan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan review kelengkapan rekam medis berdasarkan elemen penilaian standar JCI.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMudiono, Demiawan Rachmatta PutroNIDN0019129202
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis,Review,Kelengkapan,JCI
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Aulia Adis Ramadhani
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:37
Last Modified: 14 Jul 2023 02:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24808

Actions (login required)

View Item View Item