Analisis Usaha Pengemasan “Pakong” Opak Singkong Varian Rasa Di Desa Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Nurohmah, Fitriani Soimatul (2023) Analisis Usaha Pengemasan “Pakong” Opak Singkong Varian Rasa Di Desa Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (642kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (363kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Usaha Pengemasan “Pakong” Opak Singkong Varian Rasa dilaksanakan di Desa Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo selama 4 bulan dari awal 29 Agustus 2022 sampai akhir 29 Desember 2022. Tujuan tugas akhir ini adalah dapat melaksanakan proses pengemasan, analisis usaha dan melaksanakan pemasaran menggunakan metode. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini praktek langsung, menggunakan metode analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan Return On Investment (ROI) dan metode pemasaran. Produksi pengemasan “Pakong” Opak Singkong Varian Rasa dilakukan sebanyak 5 kali produksi, dalam sekali proses produksi dengan waktu 3 jam dan menggunakan 1 tenaga kerja, setiap produksi menghasilkan 50 kemasan. Hasil analisis usaha nilai (BEP) produksi sebesar 40,83 kemasan dari hasil produksi 50 kemasan dan nilai (BEP) harga sebesar Rp 6.533,36/kemasan dari harga jual Rp 8.000/kemasan, (R/C Ratio) sebesar 1,22 dan (ROI) 15%, berdasarkan hasil 3 analisis usaha menunjukkan bahwa usaha dapat dikatakan layak dijalankan. Pemasaran produk “Pakong” Opak Singkong Varian Rasa dengan harga jual Rp 8.000/kemasan menggunakan pemasaran konsep 4P yaitu product, price, place, promotion. Produk dipasarkan secara langsung dan tidak langsung ke konsumen, kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan melalui media sosial bertujuan agar konsumen yang dijangkau lebih luas. Kata Kunci : Analisis Usaha, “Pakong” Opak Singkong

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, “Pakong” Opak Singkong
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fitriai Soimatul Nurohmah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:43
Last Modified: 10 Jul 2023 03:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item