Evaluasi Health Management Information System (HMIS) Bagian Pelaporan Rekam Medis Menggunakan Metode PIECES di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Ummah, Naim Khoirul (2022) Evaluasi Health Management Information System (HMIS) Bagian Pelaporan Rekam Medis Menggunakan Metode PIECES di RSUP Dr. Kariadi Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (386kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

RSUP Dr. Kariadi telah menerapkan adanya sistem teknologi informasi komunikasi pada tahun 2000. Pada tahun 2014 sistem yang ada dikembangkan dan disempurnakan kembali menjadi Health Management Information System (HMIS). Penerapan sistem informasi diperlukan sebuah pengawasan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing dengan melakukan pemantauan serta evaluasi (Astuti, 2021). Salah satu metode evaluasi sistem yang dapat digunakan adalah metode evaluasi PIECES yang diperkenalkan oleh James Wetherbe. Metode PIECES terdiri dari enam variabel yaitu performance, information, economic, control, efficiency, dan service (Tristati, 2022). Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan saat melakukan magang di RSUP Dr. Kariadi Semarang, bahwa pihak rumah sakit belum pernah melakukan evaluasi penggunaan HMIS. Pada bagian pelaporan belum tersedia fasilitas yang lengkap sehingga perlu pengolahan secara manual menggunakan Microsoft excel. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi HMIS bagian pelaporan rekam medis menggunakan metode PIECES di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek performance pada HMIS bagian pelaporan rekam medis belum berjalan dengan maksimal. Sistem HMIS tidak dapat menampilkan data dengan rentang waktu besar dan menu untuk bagian pelaporan kurang lengkap. Aspek information sudah cukup memadai, hanya saja tampilan indikator mutu pelayanan rumah sakit di dashboard yang terkadang tidak sesuai dengan hasil perhitungan dan tidak tersedianya data tindakan. Aspek economy terhadap penggunaan sistem HMIS ini dapat meminimalisir pengeluaran rumah sakit. Aspek control masih ditemukan kekurangan yaitu terkait username dan password petugas yang sudah pensiun masih bisa digunakan untuk mengakses HMIS dan pengawasan yang kurang. Aspek efficiency cukup baik tetapi menu petunjuk belum tersedia dan pemeliharaan sistem belum dilakukan secara berkala. Aspek service sudah dirasakan manfaatnya oleh petugas. Petugas merasa dimudahkan dengan adanya HMIS hanya saja belum terdapat warning ketika ada kesalahan dan kurangnya menu untuk kebutuhan penelitian.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rossalina AdiNIDN0719028401
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, PIECES, HMIS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Naim Khoirul Ummah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:54
Last Modified: 11 Jul 2023 01:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24530

Actions (login required)

View Item View Item