Identifikasi Permasalahan Dengan Diagram Fishbone pada Proses CNC Bending Di PT. Manufacture Dynamic Indonesai (Kegagalan Proses Produksi Pembuatan Mesin Sangrai Kopi)

Firmansyah, Ferdi (2022) Identifikasi Permasalahan Dengan Diagram Fishbone pada Proses CNC Bending Di PT. Manufacture Dynamic Indonesai (Kegagalan Proses Produksi Pembuatan Mesin Sangrai Kopi). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
fix Laporan PKL-1-43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mesin CNC bending merupakan sebuah teknologi yang menggunakan tenaga hidrolik untuk memekuk plat dan diaplikasikan pada industri PT. Mesin CNC bending bekerja dengan cara meletakkan plat diatas dies lalu ditekan oleh pisau bending hingga plat mengalami deformasi plastis. Mesin CNC bending memiliki berbagai keunggulan dibandingkan teknologi manufaktur lainnya karena dapat mengatur tekanan hidrolik melalui panel LED, sehingga mempermudah operator dalam pengaplikasiannya. Hasil Mesin CNC bending dengan kualitas penekukan plat dipengaruhi oleh ketebalan plat , jenis plat, lebar plat dan keahlian pekerja dari CNC beding tersebut. Produksi adalah proses pembuatan komponen mesin yang nantinya akan dirakit. Di dalam proses produksi terdapat beberapa pembuatan komponen yaitu hooper, sekat kotak nasi, landasan kotak nasi, corong keluar kopi dan bagian lainnya. Berikut tahap-tahap dalam proses produksi di bagian mesin CNC bending. Pada pemecahan masalah terdapat beberapa cara untuk mencari penyebab�penyebab dari permasalahan yang terjadi. Pada permasalahan ini menggunakan diagram fishbone. Diagram Fishbone berbentuk mirip dengan tulang ikan yang moncong kepalanya menghadap ke kanan. Diagram ini akan menunjukkan sebuah dampak atau akibat dari sebuah permasalahan, dengan berbagai penyebabnya. Efek atau akibat dituliskan di moncong kepala. Sedangkan tulang ikan diisi oleh sebab-sebab sesuai dengan pendekatan permasalahannya. Dikatakan diagram Cause and Effect dan karakteristik kualitas yang disebabkan oleh faktor-faktor penyebab itu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIrawan, AndikNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: Diagram Fishbone, CNC Bending, Kegagalan Produksi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Ferdi Firmansyah
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:06
Last Modified: 26 Jul 2023 02:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24524

Actions (login required)

View Item View Item