Evaluasi Fitur Pengisian Diagnosa Dan Tindakan Pada Resume Medis Rawat Inap EHR Menggunakan Metode EUCS Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Nandita, Digna Hastika (2022) Evaluasi Fitur Pengisian Diagnosa Dan Tindakan Pada Resume Medis Rawat Inap EHR Menggunakan Metode EUCS Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (333kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (Presiden RI, 2009). Pelayanan yang bermutu salah satu nya pelayanan penunjang yang penting diperhatikan adalah rekam medis rumah sakit (Wirajaya, 2019). Dalam produk hukum disebutkan bahwa rekam medis juga dapat berbentuk elektronik (Cinthia, 2014). Permenkes RI Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Pasal 18 (1) Pengolahan informasi Rekam Medis Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (1) huruf d salah satunya terdapat pengkodean. SIMRS yang digunakan di RSCM bernama Electronic Health Record (EHR) aplikasi yang berbasis web yang pertama kali dioperasikan pada tahun 2013. Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan saat melakukan praktek kerja lapang (PKL) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, bahwa resume medis rawat inap di EHR group dokter ada fitur ICD-10 dan ICD-9-CM yang menyebabkan dokter untuk mengkoding langsung, jadi dokter terdapat kurang tepat dalam menentukan koding. Salah satu metode yang dapat digunakan oleh peneliti sebagai dasar pengukuran kepuasan pengguna sistem informasi computer adalah EUCS (end user computing satisfaction) dari Doll dan Torkzades (1988). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi fitur pengisian diagnosa dan tindakan pada resume medis rawat inap Electronic Health Record (EHR) di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo pada tanggal 15 Agustus 2022 – 4 November 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komponen isi (content) EHR group rekam medis belum sesuai kebutuhan pengguna karena belum terdapat dagger dan asterisk, pada group dokter belum sesuai pengguna karena terdapat fitur ICD-10 dan ICD-9-CM. Komponen akurasi (accuracy) belum akurat karena database ICD di sistem EHR masih menggunakan versi 2005. Komponen bentuk (format) sudah menampilkan informasi dengan warna dan layout sudah menarik, font jelas, dan sudah fleksibel. Komponen kemudahan penggunaan (ease of use) sudah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan bersifat user friendly. Komponen ketepatan waktu (timeliness) sudah memberikan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan menyediakan informasi yang up-to-date.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Digna Hastika Nandita
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:00
Last Modified: 18 Jul 2023 03:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item View Item