Pengaruh Pemberian Minuman Bunga Telang, Sereh dan Jeruk Nipis terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu Tikus Wistar Diabetes Mellitus

Septiya, Istifarin Bella (2023) Pengaruh Pemberian Minuman Bunga Telang, Sereh dan Jeruk Nipis terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu Tikus Wistar Diabetes Mellitus. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42181863_Skripsi_Istifarin Bella Septiya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia yang terjadi karena adanya kelainan pada sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya. Minuman bunga telang mengandung antioksidan jenis flavonoid yang dapat menjadi alternatif minuman fungsional untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Mekanisme flavonoid dalam menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin pada organ pankeas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minuman bunga telang terhadap perubahan kadar gula darah sewaktu tikus wistar diabetes mellitus. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pretest-posttest with control group design. Tikus yang digunakan 27 ekor tikus wistar jantan berusia 2-3 bulan dengan berat badan 200300 gram yang dibagi menjadi 3 kelompok secara acak yaitu kelompok K(-), kelompok K(+) dan kelompok perlakuan (P). Kelompok (K+) diinduksi STZ 50 mg/kg BB dan diberi pakan standar. Kelompok (P) diinduksi STZ 50 mg/kg BB dan diintervensi dengan minuman bunga telang 1,7 ml/hari selama 14 hari. Pemeriksaan kadar gula darah menggunakan metode GOD-PAP. Data dianalisis dengan uji Shapiro-Wilk, One Way Anova, Paired T-test, dan uji Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kadar gula darah sewaktu antar kelompok sebelum perlakuan (p=0,000), terdapat perbedaaan kadar gula darah sewaktu antar kelompok sesudah perlakuan (p=0,000), terdapat perbedaan kadar gula darah sewaktu sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok perlakuan (p=0,019), terdapat selisih kadar gula darah sewaktu sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok (P) dengan (K+) (p=0,025). Pemberian minuman bunga telang dapat menurunkan kadar gula darah sewaktu sebanyak 13,14%, namun belum mencapai kadar normal gula darah sewaktu yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryana, Arinda LironikaNIDN0017088501
Uncontrolled Keywords: Bunga Telang, Sereh, Jeruk Nipis, Kadar Gula Darah Sewaktu, Diabetes Mellitus
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Istifarin Bella Septiya
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:08
Last Modified: 14 Jun 2023 03:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24026

Actions (login required)

View Item View Item