Pengembangan Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo

Rahman, Nila Viva (2023) Pengembangan Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Nila Viva Rahman. NIM P601212391. Tahun 2022. 67 halaman. Pascasarjana Terapan Agribisnis. Politeknik Negeri Jember. Dr. Rizal, SP. MP. (Dosen Pembimbing) dan Prof. Dr. Ir. Bagus Putu Yudhia Kurniawan, MP. (Dosen Pembahas). Kabupaten Situbondo memiliki potensi strategis kelautan dan perikanan, salah satu diantaranya adalah potensi tangkapan ikan bandeng laut cukup tinggi (Chanos chanos) yaitu mencapai 106,28 ton per tahun. Akan tetapi, upaya masyarakat dalam memanfaatkan olahan ikan bandeng laut sangat sedikit. Ikan bandeng laut (Chanos chanos) hasil tangkapan nelayan di pesisir Situbondo ini hanya dijual dalam bentuk segar dan bernilai jual rendah. Usaha Mikro Dpore Meme memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan pengolahan ikan bandeng laut segar menjadi abon ikan yang tinggi akan kandungan gizi. Potensi abon ikan bandeng laut memiliki peluang pasar yang prospektif dan cukup diminati oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang khas, tekstur lebih lembut, lebih harum dan nikmat, dan mengandung banyak nutrisi. Kendala yang dihadapi saat ini adalah pemasaran dan promosi yang dilakukan oleh Usaha Mikro Dpore Meme masih bersifat offline dan dalam cakupan skala lokal wilayah Kabupaten Situbondo sehingga perlu adanya pengembangan pemasaran meliputi pengembangan pemasaran secara online, perluasan area pemasaran dan meningkatkan kerjasama dengan jaringan pemasaran atau reseller di luar kota Situbondo, serta mengoptimalkan promosi sebagai penunjang pemasaran produk. Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) dilakukan pada bulan September hingga November 2022. Hasil kegiatan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) adalah adanya peningkatan kegiatan pemasaran online berupa peningkatan hasil penjualan abon ikan bandeng laut di marketplace Shopee yaitu terjual sebanyak 68 pieces pada periode penjualan bulan Oktober dan November 2022, adanya pengembangan area pemasaran offline abon ikan bandeng laut Dpore Meme yang menjangkau wilayah pemasaran luar Kabupaten Situbondo berupa kerjasama Usaha Mikro Dpore Meme dengan Roxy Supermarket Jember, Alfamart Jember, Dewa Dewi Supermarket Malang, dan Outlet Martabak Nom Nom Malang, dan adanya konten promosi produk abon ikan bandeng laut yang bervariasi yang diupload secara kontinyu di media sosial Instagram, Youtube, dan marketplace Shopee. Kata Kunci : Pemasaran, abon ikan bandeng laut, Usaha Mikro Dpore Meme, promosi

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, RizalNIDN196906051996031001
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, abon ikan bandeng laut, Usaha Mikro Dpore Meme, promosi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Nila Viva Rahman
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:44
Last Modified: 12 Jun 2023 00:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23946

Actions (login required)

View Item View Item