Pemasaran Kerajinan Kayu Khas Desa Tutul Melalui Marketplace Wike Bisnis Oleh Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di CV. Makrifat Business

Widari, Wike Sri (2022) Pemasaran Kerajinan Kayu Khas Desa Tutul Melalui Marketplace Wike Bisnis Oleh Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di CV. Makrifat Business. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (349kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Imron Pribadi(Pembimbing Lapang). Magang Wirausaha Merdeka merupakan bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk beajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas diluar kelas. Politeknik Negeri Jember terpilih sebagai Perguruan Tinggi yang ikut serta dalam Program Wirausaha Merdeka tersebut. Politeknik Negeri Jember saat ini memiliki ratusan mitra Usaha/industry salah satunya adalah CV. Makrifat Business yang akan dijadikan tempat magang dari beberapa mahasiswa. CV. Makrifat Business yang berada di Desa Tutul Kecamatan Balung Jember merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kerajinan tangan yang terbuat dari kayu. Pemilik CV. Makrifat Business yaitu Bapak M. Imron Pribadi. Dalam pemasaran produknya bapak Imron memasarkan secara online melalui akun Marketplace yang dimilikinya yaitu Shopee, Toko Pedia dll. Tidak hanya di pasarkan melalui akun marketplacenya sendiri, melainkan juga ada beberapa orang yang ikut memasarkan produk kerajinan tersebut. Tetapi orang tersebut dapat melakukan brandig atau menggunakan brand sendiri. Untuk hasil penjualannya nanti akan dibagi komisi seberapa persen terganntung harga barang yang terjual. Hal itu dilakukan untuk memperluas pemasaran produk kerajinan di CV. Makrifat Business serta memberikan peluang kerja untuk masyarakat. Oleh karena itu, dalam upaya untuk membantu CV. Makrifat Business dalam memasarkan produk kerajinannya, penulis membangun usaha bersama tim yang beranggotakan 16 orang yaitu 10 orang merupakan mahasiswa dari Politeknik Negeri Pangkajene Kepulauan dan 6 orang merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Jember. v Usaha yang dijalankan adalah memasarkan produk dari CV. Makrifat Business secara online dan offline. Sehingga penulis beserta tim melakukan kerja sama dengan CV. Makrifat Business menggunakan teknik makloon yaitu dengan mengubah brand Makrifat Business menjadi brand usaha yang dijalankan oleh penulis beserta tim sendiri yaitu R&B Craft. Selain itu penulis juga memiliki usaha atau brand sendiri yaitu Wike Bisnis. Disini penulis juga memasarkan produk kerajinan dari CV. Makrifat Business menggunakan akun marketplace Wike Bisnis. Dalam memasarkan produknya penulis juga menggunakan teknik makloon. Dimana untuk hasil penjualan produknya akan dibagi sekian persen sesuai harga produk yang terjual. Sehingga dengan menjalanlankan usaha tersebut penulis dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kewirausahaan serta pengalaman kerja mengenai kegiatan perusahaan/industri/instansi, serta Memberikan pengalaman kepada penulis mengenai ilmu bisnis/kewirausahaan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEtikasari, BetyNIDN0028053202
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Kerajinan Kayu, Wirausaha Merdeka
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Wike Sri Widari
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:11
Last Modified: 17 Jul 2023 03:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item