Hubungan Penampilan, Cita rasa dan Ketepatan Waktu Penyajian Makanan dengan Sisa Makanan di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo

Andriyani, Safin Ratna (2023) Hubungan Penampilan, Cita rasa dan Ketepatan Waktu Penyajian Makanan dengan Sisa Makanan di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Daya terima makanan rumah sakit ditunjukkan dengan adanya sisa makanan. Sisa makanan adalah presentase makanan yang dapat dihabiskan dalam satu atau lebih waktu makan. Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, salah satu indikator keberhasilan pelayanan gizi di rumah sakit yaitu sisa makananاyangاtidakاdihabiskanاolehاpasienاadalahا≤ا20%. Banyak sedikitnya sisa makanan dapat dipengaruhi oleh penampilan, cita rasa dan ketepatan waktu penyajian makanan. Penampilan makanan memiliki beberapa indikator penilaian yaitu warna, tekstur, bentuk, porsi dan penyajian makanan sedangkan cita rasa makanan memiliki indikator penilaian yaitu aroma, tingkat kematangan dan temperatur makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penampilan, cita rasa dan ketepatan waktu penyajian makanan dengan sisa makanan pasien di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat observasional analitik dengan desain cross-sectional. Responden yang diambil sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan subjek purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner penilaian penampilan makanan, kuesioner penilaian cita rasa makanan, kuesioner ketepatan waktu penyajian makanan dan form comstock. Analisis data menggunakan uji fisher’s exact test dan menggunakan SPSS v.25 serta didapatkan p = 0,00 untuk penampilan makanan, p = 0,04 untuk cita rasa makanan dan p = 1,00 untuk ketepatan waktu penyajian makanan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penampilan dan cita rasa makanan dengan sisa makanan namun tidak ada hubungan antara ketepatan waktu penyajian makanan dengan sisa makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurnasari, GalihNIDN0016038905
Uncontrolled Keywords: Cita Rasa Makanan, Ketepatan Waktu Penyajian Makanan, Penampilan Makanan, Sisa Makanan.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Andriyani Safin Ratna
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:07
Last Modified: 05 Jun 2023 02:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item