Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap dengan Diagnosa COR ICH Cerebelum Hidrochepalus Post EUD Frazier di Ruang ICU dan Yudisthira RSUD Jombang

Ananta, Renita Nanda Ayu (2023) Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap dengan Diagnosa COR ICH Cerebelum Hidrochepalus Post EUD Frazier di Ruang ICU dan Yudisthira RSUD Jombang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
G42192078 Renita Nanda AA - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (560kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
G42191078 Renita Nanda AA - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
G42191078 Renita Nanda AA - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42192078 Renita Nanda AA - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asuhan Gizi adalah metode untuk menangani problem gizi sehingga dapat memberikan solusi pada pasien dengan cara pengkajian gizi (Assessement), Diagnosis gizi, Intervensi gizi, Monitoring dan evaluasi gizi dengan proses terstandart dengan tujuan mengembalikan status gizi pasien agar kembali normal secara keseluruhan. Asuhan gizi berbeda-beda untuk setiap penyakit yang berbeda, contoh asuhan gizi yang perlu dilakukan adalah pada pasien yang telah menjalani pembedahan seperti pada pasien cidera otak ringan (COR). Tujuan penatalaksanaan diet pada pasien COR adalah untuk memenuhi asupan zat gizi pasien sesuai kebutuhan pasien dengan memperhatikan kemampuan pasien, terutama pada pasien yang setelah melakukan pembedahan keadaannya memburuk sehingga perlu dirawat di ICU. Pasien membutuhkan penatalaksanaan ekstra baik dari segi medis ataupun dari gizi untuk memunjang kesembuhan pasien. Untuk itu, perlu dilakukan penyusunan asuhan gizi terstandart untuk membantu mempercepat penyembuhan pasien dalam aspek gizi dan asupan melalui terapi diet dengan pemberian diet TKTP dengan bentuk makanan sesuai dengan kemampuan pasien. Diagnosis medis pasien adalah COR ICH Cerebelum Hidrochepalus Post EUD Frazier, berdasarkan hasil skrining dewasa dengan form skrining MST Pasien berusia 57 tahun dan memiliki status gizi baik. Dan saat skrining didapatkan hasil skor 1. Intervensi diet yang diberikan adalah diet TKTP 2000 kkal, dengan frekuensi 3x makan utama dan 3x selingan dengan bentuk makanan bertahap. Hasil monitoring dan evaluasi kadar leukosit pasien menjadi normal,sedangkan kadar kalium meningkat dari 3,24 mEq/l menjadi 3,44 mEq/l. Untuk asupan makan pasien terus meningkat yang menandakan keadaan pasien terus membaik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYulianti, dr. AdhiningsihNIDN0023078304
Uncontrolled Keywords: Nutritional Care, Brain Injury, Hospital
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Renita Nanda Ayu Ananta
Date Deposited: 29 May 2023 01:35
Last Modified: 30 May 2023 01:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23631

Actions (login required)

View Item View Item