Strategi Pemasaran Produk Jamur Merang Usaha Mikro Pak Edi Desa Sempusari Kecamatan Kaliwates Jember

Viranda, Ariva Kumala Ledia (2023) Strategi Pemasaran Produk Jamur Merang Usaha Mikro Pak Edi Desa Sempusari Kecamatan Kaliwates Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (211kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41190976_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang diminati masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari. Usaha Mikro Pak Edi memproduksi jamur merang segar untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, saat ini banyak kompetitor dengan produk sejenis yang akan mempengaruhi penjualan jamur merang. Lokasi produksi Usaha Mikro Pak Edi di Jalan Sumber Urip, Lingkungan Merapa, Desa Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini : 1) Menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada strategi pemasaran produk jamur merang di Usaha Mikro Pak Edi, 2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran produk jamur merang pada Usaha Mikro Pak Edi, 3) Menentukan prioritas strategi pemasaran produk jamur merang pada Usaha Mikro Pak Edi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis EFAS dan EFAS, analisis IE, dan analisis SWOT untuk menentukan strategi alternatif dan analisis QSPM untuk menentukan prioritas strategi. Berdasarkan analisis matriks SWOT Usaha Mikro Pak Edi berada di sel V meliputi bobot matriks IFAS 2,93 dan matriks EFAS 2,81. Pada hasil analisis QSPM terdapat 8 alternatif strategi dan yang paling sesuai diterapkan di Usaha Mikro Pak Edi yaitu meningkatkan teknologi produksi untuk menghadapi persaingan dan selera konsumen yang berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Jamur, SWOT, QSPM
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Ariva Kumala Ledia Viranda
Date Deposited: 15 May 2023 01:41
Last Modified: 15 May 2023 01:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23305

Actions (login required)

View Item View Item