Pengenalan Tarian Tradisional Menggunakan Metode Augmented Reality

Mauliddin, Syahruli (2020) Pengenalan Tarian Tradisional Menggunakan Metode Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. E31172173_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi AR sebagai media pengenalan tarian tradisional Indonesia dinilai cukup baik untuk meningkatkan minat belajar serta pengetahuan bagi kebanyakan orang terutama generasi muda Indonesia yang mulai melupakan atau tidak mempedulikannya. Tarian di Indonesia bukan hanya sebuah tarian tetapi banyak dari tarian tersebut digunakan untuk upacara keagamaan, pemanggilan hujan dan lain lain. Jika kita lihat memang untuk saat ini mempelajari dan mengetahui tarian tradisional dinilai cukup minim Informasi. untuk saat ini mempelajari dan mengetahui tarian tradisional di dalam kalangan pelajar hanya ada pada ekstrakulikuler sekolah masing masing dan pada mata pelajaran tertentu, sedangkan untuk kalangan umum tarian tradisional biasanya ditampilkan pada pementasan event tertentu atau acara penyambutan tamu penting. Hal tersebut dinilai kurang efektif untuk lebih mengenalkan tarian tradisional Indonesia kepada kalangan luas. Tarian sendiri di Indonesia sangat banyak dan dimiliki oleh masing masing daerah. Dari ujung Sabang sampai Merauke. Generasi Muda di Indonesia cenderung tertarik dengan hal hal yang berbau animasi agar lebih mudah mengingat dan menyenangkan untuk mempelajarinya. Dari semua permasalahan diatas maka akhirnya dibuatlah sebuah media pembelajaran untuk tarian tradisional Indonesia yang menggunakan metode Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDewanto, Wahyu KurniaNIDN197104082001121003
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 11 May 2023 03:31
Last Modified: 11 May 2023 03:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item