Pengaruh Penambahan Bubuk Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyhizus) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia dan Organoleptik Brownies

Ulmillah, Sifa (2019) Pengaruh Penambahan Bubuk Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyhizus) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia dan Organoleptik Brownies. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (177kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. B32160196_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Kulit buah naga selama ini masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat dan kebanyakan masih menjadi limbah. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap nilai gizi dan manfaat kulit buah naga meyebabkan kulit buah naga kurang dimanfaatkan. Kulit buah naga merah memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, dan serat pangan. Mengingat cukup tingginya nilai gizi dan manfaat yang terdapat pada kulit buah naga, hal ini dapat menjadi peluang bagi masyarkat untuk mengganti atau memodifikasi brownies yang berbahan dasar tepung terigu dengan penambahan bubuk kulit buah naga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk kulit buah naga terhadap kualitas fisik, kimi, dan organoleptik brownies kukus. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Analisis Pangan dan Laboratorium Pengolahan Politeknik Negeri Jember pada bulan Februari-Maret 2019. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non faktorial dengan perlakuan penambahan konsentrasi tepung kulit buah naga (F). Masing masing percobaan menggunakan 3 kali ulangan. Perlakuan brownies dengan penambahan tepung kulit buah naga dengan konsentrasi tepung kulit buah naga 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan penambahan bubuk kulit buah naga berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap terhadap tekstur, volume spesifik, kadar air, kadar abu, kadar serat kasar, dan uji organoleptik hedonik (warna, rasa, aroma dan tekstur) brownies kukus. Perlakuan penambahan bubuk kulit buah naga terbaik terhadap sifat fisik, kimia maupun organoleptik terdapat pada perlakuan F1 yaitu penambahan 10% tepung kulit buah naga dengan tekstur 7,21 N, volume spesifik 3,26 cm3/gram, kadar air 34,09%, kadar abu 2,24% serta serat kasar 2,77%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN197312291998031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 10 May 2023 01:27
Last Modified: 10 May 2023 01:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item View Item