Pengendalian Kualitas Pada Proses Sortasi Kopi Robusta Pabrik Gunung Pasang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kahyangan Jember

Viranda, Ariva Kumala Ledia (2023) Pengendalian Kualitas Pada Proses Sortasi Kopi Robusta Pabrik Gunung Pasang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kahyangan Jember. [Experiment] (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN_ARIVA KUMALA L V_D41190976_MID 2019.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN_ARIVA KUMALA L V_D41190976_MID 2019.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ARIVA KUMALA LEDIA VIRANDA_D41190976_MID 2019.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (283kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP_ARIVA KUMALA L V_D41190976_MID 2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan salah satu program yang tercantum dalam kurikulum Politeknik Negeri Jember sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa dengan mengikuti seluruh aktivitas kegiatan pada perusahaan, industri, instansi, dan unit bisnis strategis lainnya yang layak dan representatif dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menekuni keterampilan dalam dunia kerja maupun wirausaha. Kegiatan magang dilaksanakan di Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Perkebunan Kahyangan, Kabupaten Jember yang bertempat di Jalan Tancak No. 8, Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Tujuan dari magang adalah mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan, melatih lebih berfikir kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan (gap), melatih para mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapangan dan sekaligus melakukan serangkaian ketrampilan. Adapun serangkaian kegiatan umum yang dilakukan selama PKL yaitu observasi kebun, budidaya tanaman kopi dengan perbanyakan tanaman kopi secara generatif dan vegetatif, penanaman tanaman kopi, pemeliharaan tanaman kopi dengan pemangkasan, pengolahan biji kopi gelondong menjadi kopi green bean, pengolahan kopi green bean menjadi kopi dalam kemasan sampai pemasaran kopi. Pengendalian kualitas pada proses sortasi kopi merupakan kegiatan perencanaan dan pengawasan proses sortasi dimulai dari sortasi kopi gelondong dikebun, sortasi basah pada bak penampung, dan sortasi kering yang dilakukan secara mekanik dan manual. Untuk mengetahui nilai cacat pada biji kopi jenis Robusta Wet Process dilakukan uji nilai cacat biji kopi ukuran L, M, S Berdasarkan SNI 01-2907-2008 mengenai biji kopi sampel yang digunakan pada masing-masing ukuran yaitu 300 gram. Sehingga uji nilai cacat ini menghasilkan kopi sesuai dengan grade yang terdapat pada ketentuan perusahaan yaitu grade 1, grade 2, grade 3.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardani, Dyah KusumaNIDN0007078706
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas Pada Proses Sortasi Kopi Robusta
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Ariva Kumala Ledia Viranda
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:15
Last Modified: 17 Apr 2023 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22548

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item