“Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada Proses Pengolahan Produk Ikan Olahan Bentuk Tahu di PT. Indo Lautan Makmur

Wulandari, Farah Zhafira (2022) “Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada Proses Pengolahan Produk Ikan Olahan Bentuk Tahu di PT. Indo Lautan Makmur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP MAGANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Indo Lautan Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan hasil perikanan. Tujuan dilaksanakannya magang yaitu untuk memenuhi persyaratan kurikulum Program Studi Teknologi Rekayasa Pangan, melatih mahasiswa untuk berinteraksi secara profesional di dunia kerja, dan meningkatkan wawasan pengetahuan serta pemahaman mengenai kegiatan pada perusahaan. Pemilihan lokasi magang di PT. Indo Lautan Makmur yaitu untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta pemahaman mengenai kegiatan pada bidang pengolahan hasil perikanan. PT. Indo Lautan Makmur salah satu perusahaan yang memproduksi bermacam-macam produk olahan makanan beku. Salah satu yang diproduksi oleh PT. Indo Lautan Makmur adalah ikan olahan bentuk tahu. Pemilihan produk ikan olahan bentuk tahu dikarenakan produk ini merupakan salah satu produk unggulan dari PT. Indo Lautan Makmur yang banyak diminati. Untuk menjamin mutu produk yang dihasilkan baik dan aman untuk dikonsumsi, perusahaan harus menerapkan cara produksi yang baik. GMP merupakan salah satu pedoman bagi industri cara memproduksi pangan yang layak dan aman di konsumsi oleh konsumen mulai dari persiapan produksi sampai konsumen akhir dengan menekankan pengawasan hygiene pada setiap tahapan produksi. Tujuan dari analisis penerapan GMP di PT. Indo Lautan Makmur untuk memberikan solusi yang disebabkan adanya penyimpangan GMP yang terjadi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode skoring, wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Metode skoring digunakan untuk memberikan evaluasi terhadap kelayakan usaha. Total skor penilaian GMP di PT. Indo Lautanvi Makmur yaitu 577 yang berarti penerapan good manufacturing practice (GMP) di PT. Indo Lautan Makmur sebagian besar sudah memenuhi persyaratan berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia pedoman GMP Nomor : 75/M-IND/PER/7/2010. PT. Indo Lautan Makmur diharapkan untuk meningkatkan kembali beberapa aspek penting dan melakukan perbaikan pada penyimpangan yang ditemukan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Uncontrolled Keywords: Fish Tofu, GMP, Indo Lautan Makmur
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Farah Zhafira Wulandari
Date Deposited: 11 May 2023 01:20
Last Modified: 11 May 2023 01:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21965

Actions (login required)

View Item View Item