Triatmaja, Ariqpurna Bayu (2020) Tinjauan Penyebab Klaim Pending Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (11kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (137kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (89kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
G41161829_Full Text.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan sistem pembayaran secara prospektif. Rumah Sakit Umum Haji Surabaya merupakan salah satu rumah sakit tipe B pendidikan yang bekerja sama dengan pihak BPJS sejak tahun 2014. Berdasarkan data primer di RSU Haji Surabaya ditemukan permasalahan bahwa berkas klaim mengalami pending klaim. Hal ini dikarenakan tidak lengkapnya berkas klaim, ketidaktepatan kode diagnosa karena adanya perbedaan persepsi antara koder dengan verifikator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor klaim pending Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) di RSU Haji Surabaya. Identifikasi permasalahan menggunakan unsur manajemen 5M (man, material, methods, machine, money). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu menarasikan hasil penelitian. Pada unsur man yang menjadi penyebab klaim pending adalah petugas masih merasa kesulitan dalam membaca diagnosa dan tindakan pasien dikarenakan penulisan dokter yang sulit terbaca, dan tidak tepatnya kode diagnosa dan tindakan yang dikarenakan adanya perbedaan persepsi antara koder dan verifikator BPJS. Pada unsur material yang menjadi penyebab klaim pending yaitu tidak lengkapnya berkas klaim seperti hasil pemeriksaan penunjang pasien. Pada unsur Method yang menyebabkan klaim pending adalah tidak terdapat SOP yang mengatur tentang pengisisan diagnosis khusus berkas klaim. Pada unsur machine yang menyebabkan klaim pending adalah komputer yang digunakan dalam proses pengajuan klaim sering mengalami loading lama dan sering mengalami gangguan jaringan. Pada unsur money dalam penelitian ini tidak menyebabkan klaim pending, karena petugas casemix tidak dapat mengetahui jumlah kerugian yang diakibatkan oleh klaim pending.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Unsur 5M, Pengklaiman BPJS, BPJS | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 358 - Ilmu Asuransi Jiwa dan Kesehatan 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | ARIQPURNA BAYU TRIATMAJA | ||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2021 03:03 | ||||||
Last Modified: | 05 Feb 2021 03:03 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2190 |
Actions (login required)
View Item |