HUBUNGAN PENGETAHUAN ANEMIA GIZI TERHADAP DAYA TERIMA TABLET FE PADA REMAJA PUTRI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO)

Luciana Afildha Fabrianti, Luciana and Agatha Widiyawati, Agatha (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN ANEMIA GIZI TERHADAP DAYA TERIMA TABLET FE PADA REMAJA PUTRI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO). HARENA: Jurnal Gizi, 1 (3). pp. 111-118. ISSN 2774-7654

[img] Text
1. Agatha.pdf.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/harena/ar...

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang memiliki angka kejadian cukup tinggi. Faktor yang mempengaruhi kejadian anemia salah satunya adalah pengetahuan tentang anemia.Ketidaktahuan akan pentingnya kesehatan akan menimbulkan masalah yang berpengaruh terhadap tingkat kesadaran untuk mematuhi instruksi kesehatan, khususnya anjuran untuk konsumsi tablet Fe bagi remaja putri. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan anemia gizi terhadap daya terima tablet Fe pada remaja putrisekolah menengah atas (Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study.Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMA Negeri 1 Baureno dan SMK Negeri 1 Baureno. Teknik pengambilan subjek secara Proporsional Stratified Random Sampling dengan jumlah subjek sebanyak 253 siswi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner google form dengan analisis data univariat dan bivariate dengan uji somers’d. Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan anemia gizi pada responden sebagian besar dalam kategori kurang yaitu 70,4%. Daya terima tablet Fe pada responden lebih banyak pada respon negatif, yaitu 90,9%. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan anemia gizi terhadap daya terima tablet Fe pada remaja putri dengan nilai signifikansi nilai p-value 0,387.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Publikasi
Depositing User: Agatha Widiyawati
Date Deposited: 31 Mar 2023 11:05
Last Modified: 31 Mar 2023 11:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item