Pengaruh Minyak Atsiri Kunyit Terhadap Pertumbuhan Salmonella Typhimurium dan Lactobacillus acidophilus pada Bubur Bayi Instan,

Bulgis, Umi Malika (2019) Pengaruh Minyak Atsiri Kunyit Terhadap Pertumbuhan Salmonella Typhimurium dan Lactobacillus acidophilus pada Bubur Bayi Instan,. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. B32161792_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bubur instan merupakan bubur yang telah mengalami proses pengolahan lebih lanjut sehingga dalam penyajiannya tidak diperlukan proses pemasakan. Penyajian yang hanya dengan menambahkan air panas tidak dapat membunuh seluruh bakteri yang ada di dalamnya, sehingga bubur bayi mudah terkontaminasi dan dapat menyebabkan penyakit pencernaan. Salmonella Typhimurium dapat menyebabkan gastroenteritis pada manusia. Gastroenteritis atau flu perut adalah muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Salah satu cara untuk mengatasi solusi bayi yang rentan akan sakit yaitu memberikan asupan probiotik dan penambahan antimikroba pada makanan bayi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019 di Laboratorium Biosain, Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan perhitungan Total Plate Count (TPC) yaitu perhitungan jumlah bakteri pada cawan petri. Pengamatan yang dilakukan adalah total bakteri dan uji kimia (pH, suhu, dan aw) produk. Hasil data yang didapat adalah total bakteri di analisa menggunakan Microsoft Excel 2010, kemudian di analisa statistik ANOVA satu arah untuk mengetahui pengaruh waktu terhadap jumlah bakteri menggunakan SPPS 210 for Windows. Selanjutnya data uji lanjut Post Hoc uji Jarak Duncan pada taraf 5% dan uji Paired t test taraf 1%, yang mana digunakan untuk membandingkan selisih dari 2 data yang berpasangan. Kemudian menghitung laju spesifik bakteri model baranyi dan model konsep gamma, serta waktu pembelahan diri bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penambahan minyak atsiri kunyit sangat berbeda nyata terhadap pertumbuhan Salmonella Typhimurium pada bubur bayi instan tanpa probiotik pada jam ke-2 tetapi tidak berbeda nyata pada jam pertumbuhan lainnya. Pengaruh penambahan minyak atsiri kunyit sangat tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan Lactobacillus acidophilus pada bubur bayi instan. Pertumbuhan Salmonella Typhimurium tanpa minyak atsiri kunyit dan tanpa probiotik mengalami fase log jam ke-0 hingga jam ke-4, setelah ditambah minyak atsiri kunyit fase log jam ke-2 hingga jam ke-4, dan setelah ditambah minyak atsiri kunyit dan probiotik fase log menjadi pada jam ke-4 hingga jam ke-8. Waktu pembelahan diri dari bakteri patogen Salmonella Typhimurium pada bubur bayi instan berprobiotik adalah 3,91 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiati, TitikNIDN1970052020021222001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:37
Last Modified: 30 Mar 2023 03:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item