Rizqi, Nila Alfi (2020) Analisis Usaha Camilan Matahari (Kembang Goyang) Dower Di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (7kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (76kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31171035_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi, menganalisis usaha dengan menggunakan metode analisis Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), serta Return Of Insvesment (ROI), dan untuk mengetahui pemasaran camilan matahari (kembang goyang) dower. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi selama bulan Februari 2020 sampai dengan bulan April 2020. Metode yang dilakukan dalam tugas akhir ini menggunakan metode secara langsung dan tidak langsung dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran. Dalam tugas akhir ini proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali proses produksi, dalam satu kali produksi menghasilkan 40 kemasan, nilai tersebut lebih besar dibandingkan hasil perhitungan BEP (produksi) yang menghasilkan 25 kemasan, BEP (harga) Rp. 4.516,-/kemasan dari harga jual Rp. 7.000,-/kemasan, R/C Ratio 1,54 dan ROI 21,44%. Berdasarkan analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa usaha camilan matahari (kembang goyang) dower menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran camilan matahari (kembang goyang) dower menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Produk dari tugas akhir ini adalah camilan matahari (kembang goyang) dower, dengan berat 100 gram perkemasan yang dijual seharga Rp. 7.000. Produk dipasarkan di Kabupaten Banyuwangi dan Jember, proses pemasaran dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan produk melalui media sosial, seperti Instagram (IG) dan Whatsapp (WA).
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Teguh Widodo | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:09 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:09 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/212 |
Actions (login required)
View Item |