PROSES JETSPRAY ACETYLINE DENGAN SERBUK CASTOLINE EUTECTIC PADA BLOK MESIN MOBIL DI WORKSHOP PT INTIDAYA DINAMIKA SEJATI

Purnomo, Fransisko Rocky (2023) PROSES JETSPRAY ACETYLINE DENGAN SERBUK CASTOLINE EUTECTIC PADA BLOK MESIN MOBIL DI WORKSHOP PT INTIDAYA DINAMIKA SEJATI. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
H42191186_RINGKASAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
H42191186_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (569kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
H42191186_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42191186_Laporan Magang Lengkap.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pengelasan (welding) adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu. Lingkup penggunaan teknik pengelasan dalam kontruksi sangat luas, meliputi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran dan sebagainya. Kerusakan pada komponen blok mesin mobil yang kerap ditemukan adalah keausan pada dudukan journal bearing, mesin mobil tersusun dari berbagai komponen komplek yang memiliki fungsi penting.seperti poros crankshaft yang memiliki bantalan bernama metal duduk atau journal bearing yang berbahan logam khusus yang kuat dan licin. Gesekan yang terjadi antara batang crankshaft dengan metal duduk harus sekecil mungkin agar terhindar dari keausan, komponen yang berada di crankcase ini ternyata bisa aus karna suatu hal. Salah satu yang mempengaruhi kerusakan journal bearing atau metal duduk adalah oli mesin, Penggunaan oli mesin yang tidak sesuai dan interval penggantian oli mesin yang sering lewat membuat metal duduk akan mudah rusak, metal duduk tidak mendapat pelumasan yang baik dari oli mesin, alhasil, metal duduk akan terkikis dan crankshaft akan rusak. Jadi pelumasan oli mesin sangat penting terhadap masa kerja Main Bearing. Untuk memperbaiki bantalan metal yang aus adalah dengan menggunakan metode pengelasan spray oksigen acetyline, yakni melapisi permukaan yang aus dengan material serbuk castoline dan membutuhkan suhu 180°C - 200°C.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, AzamataufiqNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: JETSPRAY ACETYLINE, SERBUK CASTOLINE EUTECTIC, BLOK MESIN MOBIL, PT INTIDAYA DINAMIKA SEJATI
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Fransisko Rocky Purnomo
Date Deposited: 31 May 2023 03:41
Last Modified: 31 May 2023 03:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item