Peningkatan Penerapan K3 Dalam Proses Pelepasan Fixed Pitch Propeller Pada Kapal Dharma Rucitra VIII Di PT PAL Indonesia,

Widianto, Afitra Deika Hendri (2023) Peningkatan Penerapan K3 Dalam Proses Pelepasan Fixed Pitch Propeller Pada Kapal Dharma Rucitra VIII Di PT PAL Indonesia,. Other. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42191864_Laporan PKL Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan yang ada dalam perkuliahkan yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Khususnya mahasiswa Program Studi mesin Otomotif, Jurusan Teknik. Dalam kegiatan magang ini mahasiswa mempraktik secara langsung dan menambah ilmu pada dunia kerja suatu perusahaan atau unit bisnis lainnya secara langsung. Magang ini dilaksanakan di PT PAL Indonesia, Mulai tanggal 1 November 2022 sampai 31 Januari 2023 pada Semester 7. Pengalaman yang didapatkan ketika magang disini adalah ilmu tentang bidang kapal, salah satunya pemeliharaan dan perbaikan kapal pada komponen Fixed Pitch Propeller. Fixed Pitch Propeller merupakan propeller jenis tetap dan cocok untuk tipe kapal besar yang memiliki kapasitas rpm rendah dan torsi yang lumayan tinggi. Dimana propeller adalah suatu komponen yang meneruskan gaya putar dari mesin yang ditransmisikan melalui poros propeller. Propeller terkadang mengalami ketidak stabil atau kendala saat beroperasi sehingga membuat laju kapal yang tidak stabil. Faktor yang menyebabkannya yaitu tertabrak terumbu karang dan adanya proses korosi yang terjadi pada air laut. Sehingga dilakukan suatu perawatan maupun perbaikan ulang pada propeller. Dalam pelepasan propeller ini terdapat faktor resiko bahaya bagi para pekerja yaitu bahaya debu, kebisingan, terjatuh dari ketinggian dan tertimpa benda kerja. Resiko bahaya yang akan terjadi bagi pekerja maka diperlukan suatu pengetahuan K3 dan pengecekan perlengkapan APD setiap pagi ketika memulai suatu kegiatan kerja, serta mengawasi selalu tentang bahaya yang akan terjadi saat pekerjaan sedang berjalan. Sehingga dengan APD yang lengkap dan pengetahun K3 akan mengurangi resiko bahaya tersebut.

Item Type: Monograph (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Uncontrolled Keywords: Pitch fixed Propeller, Perkapalan
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 480 - Ilmu Perkapalan > 481 - Teknik Perkapalan
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Afitra Deika Hendri Widianto
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:03
Last Modified: 13 Mar 2023 01:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item