Analisis Kepuasan Penyediaan Rekam Medis pada Permintaan Penelitian di Bagian Riset Instalasi Rekam Medik dan Admisi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta

Muddalika, Putri (2022) Analisis Kepuasan Penyediaan Rekam Medis pada Permintaan Penelitian di Bagian Riset Instalasi Rekam Medik dan Admisi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. G41181933 Putri Muddalika - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. G41181933 Putri Muddalika - Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. G41181933 Putri Muddalika - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. G41181933 Putri Muddalika - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 340/MENKES/PER/III/2010). Salah satu kewajiban rumah sakit sebagaimana tertuang dalam Permenkes RI No. 69 tahun 2014 tentang kewajiban rumah sakit dan kewajiban pasien adalah menyelenggarakan kegiatan rekam medis. Tujuan dari ini laporan PKL ini yaitu menganalisis kepuasan penyediaan berkas rekam medis pada permintaan penelitian di rekam medis RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pelayanan yang cepat dan tepat merupakan keinginan semua konsumen baik pemberi pelayanan maupun penerima pelayanan. Kecepatan penyediaan berkas rekam medis ke klinik juga dapat menjadi salah satu indikator dalam mengukur kepuasan. Semakin cepat rekam medis sampai ke klinik maka semakin cepat pelayanan yang dapat diberikan kepada pasien. Mini riset dalam lapora PKL ini peneliti menggunakan teori kualitas pelayanan dalam indikator pengambilan data kuisioner penelitian diantaranya Reliability, Assurance, Tangibles, Emphaty dan Responsiveness. Responden dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dokter, dan 1 narasumber petugas penyediaan berkas rekam medis untuk permintaan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Analisis kepuasan penyediaan rekam medis untuk permintaan penelitian yakni pada aspek reliabilitiy dengan yang menyatakan sangat setuju sebanyak 57,1% dan setuju sebanyak 42,9%. Assurance yang menyatakan sangat setuju sebanyak 71,4% dan setuju sebanyak 28,6%. Tangible dengan aspek tidak setuju sebanyak 14,3% dengan yang setuju sebanyak 85,7%. Empathy dengan yang menyatakan sangat setuju sebanyak 57,1% dan setuju sebanyak 42,9% dan Responsiveness yang sangat setuju sebanyak 64,25% dan yang setuju 35,75%. Faktor penyebab dari tidak terpenuhinya jumlah permintaan berkas rekam medis untuk penelitian disebabkan oleh berkas rekam medis yang sedang masuk di masa retensi, berkas rekam medis yang sedang digunakan untuk kontrol poli, berkas rekam medis yang sedang dipinjam oleh peneliti lain, berkas rekam medis yang sedang dibawa oleh pegawai, berkas yang sedang berada di outlet dan terdapat berkas rekam medis yang missfile. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian, maka adapun saran peneliti yang telah peneliti buat bagi instalasi rekam medik dan admisi yaitu, segera merevisi SOP sesuai dengan peminjaman berkas untuk penelitian agar lebih terstruktur dan mengedukasi kembali petugas yang terkait di bagian filling. Bagi rumah sakit yaitu sebaiknya para pimpinan di rumah sakit melakukan resosialisasi serta mengingatkan kembali petugas yang terkait langsung dengan pengembalian rekam medis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSelviyanti, ErnaNIDN0017099007
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Putri Muddalika
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:50
Last Modified: 08 Mar 2023 00:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20362

Actions (login required)

View Item View Item