Kegiatan Customer Service di Stasiun Jember PT. KAI DAOP 9 Jember

Lailiyah, Adinda Wulandari (2022) Kegiatan Customer Service di Stasiun Jember PT. KAI DAOP 9 Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN_F31202051_ADINDA WULANDARI LAILIYAH.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (0B)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN_F31202051_ADINDA WULANDARI LAILIYAH.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_F31202051_ADINDA WULANDARI LAILIYAH.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP_F31202051_ADINDA WULANDARI LAILIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, persaingan di dunia kerja membuat banyak orang harus berjuang lebih keras dalam mendapatkan pekerjaan. Para pencari kerja berusaha meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka agar berhasil dalam persaingan tersebut. Hal tersebut dikarenakan dunia kerja saat ini membutuhkan pekerja yang mempunyai skill yang sesuai di bidangnya. Disamping itu setiap perusahaan mempunyai standar kompetensi tertentu dalam menerima lamaran pekerjaan. Oleh karena itu, instansi pendidikan khususnya perguruan tinggi terus berupaya meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja dan mencetak tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya. Begitu pula dengan Politeknik Negeri Jember yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan magang yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa gambaran dunia industri yang sesungguhnya, sehingga mahasiswa dapat belajar beradaptasi dan meningkatkan kemampuannya di lingkungan industri. Penulis telah melaksanakan kegiatan magang di PT. KAI DAOP 9 Jember, tepatnya di stasiun Jember dan stasiun Probolinggo selama 4 bulan terhitung mulai tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan 30 Desember 2022. PT. KAI Jember DAOP 9 adalah pusat dari Daerah Operasi yang berada di bawah lingkungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan mengatur stasiun kereta api dari daerah Pasuruan hingga Banyuwangi, serta dilintasi kereta api jurusan Yogyakarta, Purwokerto, Jombang, Surabaya, Probolinggo, dan Banyuwangi. Dengan demikian, penulis dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama kuliah yang terkait dengan public speaking, tour, dan travel. Selama melaksanakan kegiatan magang di PT. KAI DAOP 9 Jember, penulis melakukan beberapa aktivitas yang berada pada satu unit, yakni Unit Fasilitas dan Angkutan Penumpang, yang dilokasikan kembali pada divisi Customer Service dan Ticket Counter di stasiun Jember, serta Ticket Counter, Boarding Gate, dan Railway Station Announcer di stasiun Probolinggo. Dalam pelaksanaan kegiatan magang di PT. KAI DAOP 9 Jember stasiun Jember terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya saat yakni mengenai berkomunikasi atau menyampaikan informasi dengan tetap sopan, jelas, dan tepat agar dapat didengar dan dipahami oleh pelanggan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis mempelajari mengenai banyak hal, mulai dari kode kelas kereta, nama kereta, jadwal dan harga kereta agar dapat memberi informasi pada pelanggan dengan tepat. Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan magang ini, penulis senantiasa dibimbing dan diarahkan oleh para petugas Customer Service. Kegiatan magang memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada penulis, khususnya terkait dengan aktivitas di PT. KAI DAOP 9 Jember. Semuanya sangat berguna sebagai modal awal untuk terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Terdapat kendala yang dihadapi selama kegiatan berlangsung, namun bimbingan dan arahan dari pembimbing lapang dan para pegawai sangat membantu dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Harapan penulis untuk para mahasiswa yang hendak melaksanakan kegiatan magang baik di perusahaan manapun yakni, untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan-perusahaan yang membuka kesempatan magang dan relevan dengan Program Studi Bahasa Inggris. Sehingga mahasiswa mendapatkan banyak pilihan mengenai perusahaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan tanpa adanya kendala keterlambatan pelaksanaan kegiatan magang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMariyati, NanikNIDN0004067202
Uncontrolled Keywords: DAOP 9, Persero, Public Speaking, Tour, Travel, customer service, ticket counter, boarding gate, railway station announcer
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: ADINDA WULANDARI LAILIYAH
Date Deposited: 27 Feb 2023 00:54
Last Modified: 09 Oct 2023 00:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20231

Actions (login required)

View Item View Item