Penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Dalam Mengelola Administrasi Keuangan Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Jember

Habibi, Hisyam (2022) Penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Dalam Mengelola Administrasi Keuangan Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (69kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP...pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu program yang tercantum dalam kurikulum Politeknik Negeri Jember sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa. Pelaksanaan PKL dilakukan pada awal semester VII dengan jangka waktu 900 jam atau setara setara 6 bulan pada 03 Agustus 2021 sampai 31 Januari 2022. Kegiatan belajar di lapangan ini merupakan rangkaian pembelajaran diluar sistem belajar mengajar tatap muka di dalam kelas. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mempelajari kasus di lapangan yang sebenarnya dan proses pengimplementasi dari kegiatan perkuliahan yang telah ditempuh. Kegiatan Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jember. Pemilihan tempat PKL di dasari pada kedekatan materi atau pekerjaan dengan keterampilan praktikum yang telah diperoleh. Selain mendapatkan pembelajaran dan pengalaman, juga mendapat kesempatan menggali pengetahuan dan bentuk implementasi materi kuliah yang telah ditempuh pada bangku perkuliahan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember memiliki peran memonitoring pemerintah desa dalam pengelolaan administrasi keuangan sudah menggunakan sistem yaitu SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) dengan tahapan pendapatan, belanja, pembiayaan, pelaporan pertanggungjawaban desa, pelaksanaan APBDesa diinformasikan kepada masyarakat secara tertulis dan dengan media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui papan informasi desa atau website resmi yang sudah berbasis online. Pengelolaan administrasi keuangan desa bisa menjadi lebih efisien dan efektif karena sistem yang digunakan teknologi informasi Aplikasi SISKEUDES V2. Administrasi keuangan desa merupakan langkah pengelolaan keuangan desa mulai dari penerimaan sampai dengan bagaimana mempertanggung jawabkan keuangan yang telah digunakan secara obyektif dan sistematis.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rahma RinaNIDN0020119003
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Hisyam Habibi
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:53
Last Modified: 10 Feb 2023 07:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19753

Actions (login required)

View Item View Item