Penerapan metode (Quality Function Deployment) pada produk roti manis isi vanilla Studi Kasus Pada Produk roti manis isi vanilla SMKN 5 Jember

Putri, Tata Inggarita Fitranti (2019) Penerapan metode (Quality Function Deployment) pada produk roti manis isi vanilla Studi Kasus Pada Produk roti manis isi vanilla SMKN 5 Jember. Diploma thesis, POLITEKIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. B32160993_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Roti manis merupakan produk pangan berbahan dasar tepung. Produk ini bisa menjadi alternatif pangan penganti nasi serta memiliki banyak gizi, sehingga sangat di gandrungi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu pelaku agroindustri yang memproduksi roti manis isi vanilla adalah SMKN 5 Jember jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan konsumen terhadap produk roti manis isi vanilla, serta membandingkan kualitas roti manis isi vanilla SMKN 5 Jember dengan kompotitor yaitu Wina Bakery menggunakan metode terstruktur yaitu Quality functiion Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukan bahwan atribut mutu roti manis isi vanilla memiliki delapan atribut yang terbagi ke dalam delapan dimensi mutu produk yang meliputi Warna, rasa, aroma, tekstur, ketersediaan produk, promosi, bentuk kemasan, dan umur simpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua atribut mutu mampu dipenuhi pada produk roti manis isi vanilla SMKN 5 Jember. Dari 8 atribut yang ada, terdapat 4 atribut mutu yang mampu dipenuhi adalah 1) warna ; 2) rasa ; 3)aroma ; dan 4) tekstur. Atribut mutu yang menjadi kelemahan dari roti manis isi vanilla SMKN 5 Jember berasal dari dimensi serviceability, 1) ketersediaan produk; dan 2) promosi. Pada dimensi aesthethics yang menjadi titik kelemahan adalah bentuk kemasan yang kurang menarik. Sedangkan, kelemahan pada dimensi durability, yaitu ; 1) umur simpan produk yang cukup singkat yaitu selama 3-5 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFathoni K, M. FathoniNIDN0001057503
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 182 - Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:21
Last Modified: 31 Jan 2023 03:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19317

Actions (login required)

View Item View Item