PEMBUATAN MODEL, DAN RIGGING KARAKTER 3D PADA GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “SANG PATRIOT 2” BERBASIS VR (VIRTUAL REALITY)

Muhammad, Faris (2020) PEMBUATAN MODEL, DAN RIGGING KARAKTER 3D PADA GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “SANG PATRIOT 2” BERBASIS VR (VIRTUAL REALITY). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31171103_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Character merupakan sebuah asset penting dalam sebuah game, dimana character dapat digunakan sebagai main character, dan none player character, dalam pembuatan character membutuhkan sebuah rigging untuk dapat menggerakan character tersebut, sehingga membutuhkan keahlian khusus dalam pembuatan character. Sebelum melakukan tahap rigging terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan character, salah satunya adalah tahapan modeling. Didalam modeling sendiri terdapat aspek-aspek yang perlu diperhatikan pada saat pembuatannya yang menghasilkan character siap pakai dalam sebuah game. Didalam pembuatan character, membutuhkan metode dalam proses pengerjaannya agar character sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu metode yang sering digunakan yaitu ADDIE. ADDIE merupakan sebuah metode yang dimana mempunyai lima tahapan dimana tahapan-tahapan tersebut dapat menghasilkan sebuah product. ADDIE sendiri memiliki tahapan analisis data, design, development, implementation dan setiap tahapannya dilakukan evaluation. Tahapan-tahapan tersebut yang nantinya digunakan untuk pemodelingan dan penerapan rigging character yang dibuat. Hasil dari judul tugas akhir ini untuk pembuatan model dan rigging character 3 dimensi dengan menggunakan metode ADDIE yang dimana akan menghasilkan sebuah character 3 dimensi yang terlihat tampak lebih nyata pada saat game dimainkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHartadi, Didit RahmatNIDN0029058906
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:48
Last Modified: 19 Jan 2023 03:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item