ANALISIS KAPABILITAS PROSES MESIN PELAYUAN PUCUK TEH (ROTARY PANNER) DI PT. CANDI LOKA KABUPATEN NGAWI

Prasetyo, Edi Tri (2022) ANALISIS KAPABILITAS PROSES MESIN PELAYUAN PUCUK TEH (ROTARY PANNER) DI PT. CANDI LOKA KABUPATEN NGAWI. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (697kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (741kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B41190947_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pelayuan pucuk teh di PT. Candi Loka Kabupaten Ngawi dilakukan setelah pucuk teh sampai ke pabrik. Pucuk teh ditimbang kemudian dihamparkan di atas lantai (pembeberan). Pembeberan pucuk teh bertujuan menghindari oksidasi polifenol. Tujuan pelayuan pucuk teh yaitu untuk inaktivasi enzim pertama. Pelayuan pucuk teh menggunakan mesin rotary panner dengan proses secara berkelanjutan. Sumber bahan bakar utama mesin rotary panner adalah wood pellet. Hal ini membuat suhu pada silinder tempat pelayuan pucuk teh memiliki suhu yang berubah-ubah, sehingga perlu dilakukan analisis kapabilitas proses pada mesin rotary panner. Spesifikasi suhu mesin rotary panner 90-125℃. Kapabilitas proses merupakan suatu analisis variabilitas relatif terhadap persyaratan atau spesifikasi produk serta untuk membantu pengembangan produksi dalam menghilangkan atau mengurangi banyak variabilitas yang terjadi. Kapabilitas ini merupakan suatu ukuran kinerja proses kritis yang menunjukkan proses mampu menghasilkan sesuai dengan spesifikasi produk yang diterapkan oleh pihak perusahaan berdasarkan kebutuhan konsumen. Metode yang digunakan adalah dengan mengamati dan mengukur perubahan menggunakan termometer pada mesin rotary panner silinder 1 dan 2. Proses pengamatan dan pengukuran dilakukan selama 26 hari (1 bulan) dengan 3 kali ulangan dalam 1 hari. Mesin rotary panner silinder 1 menunjukkan kapabilitas 1,65 dan silinder 2 1,76. Artinya kapabilitas mesin pelayuan pucuk teh sangat baik dan mampu memenuhi spesifikasi konsumen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHermanuadi, DidiekNIDN0023066109
Uncontrolled Keywords: Pelayuan pucuk teh, Rotary panner, Cp, Control chart
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Edi Tri Prasetyo
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:34
Last Modified: 12 Jan 2023 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item