Analisis Usaha Kopi Kacang Ijo “KOPIJO” di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi

Vireyl, Adelia Nantasya (2020) Analisis Usaha Kopi Kacang Ijo “KOPIJO” di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
08. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (137kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31172216_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kopi merupakan minuman yang terbuat dari seduhan bubuk biji kopi yang telah disangrai sebelumnya. Cita rasa minuman kopi sangat bervariasi sesuai dengan jenis kopi dan cara penyajiannya. Kopi memiliki berbagai macam jenis, namun saat ini jenis kopi yang terkenal di dunia yaitu jenis Kopi Robusta dan Kopi Arabika, hal ini dikarenakan banyak masyarakat luas menggemari kedua jenis kopi tersebut. Kopi Kacang Ijo “KOPIJO” merupakan bisnis inovasi yang memanfatkan Kopi Buriah yaitu kopi lokal Banyuwangi dengan campuran kacang ijo. Campuran kacang ijo digunakan untuk meminimalisir kandungan kafein pada kopi sehingga tidak mudah menyebabkan asam lambung naik. Alasan pemilihan kacang ijo karena masyarakat Indonesia kebanyakan menyukainya dan mudah didapat, sehingga perpaduan antara kopi dan kacang ijo menjadikan minuman yang memiliki rasa baru yang unik. Selain itu pemilihan Kopi Buriah bertujuan untuk menarik minat konsumen baru serta memperkenalkan kopi jenis ini kepada pecinta minuman kopi maupun masyarakat secara luas. Analisis perhitungan yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu BEP (produksi), BEP (harga), R/C Ratio, dan ROI. Hasil perolehan perhitungannya dapat disimpulkan bahwa usaha Kopi Kacang Ijo “KOPIJO” memiliki BEP (produksi) sebesar 77,53 kemasan dari total perolehan produksi sebanyak 140 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 1.384,46 dengan harga penjualan Rp 2.500 per kemasan, R/C Ratio 1,80, dan ROI sebesar 24,48%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJaya A, OktanitaNIP198110052005012001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:56
Last Modified: 09 Jan 2023 06:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item