Alfi Rizqi, Nila (2020) ANALISIS USAHA CAMILAN MATAHARI (KEMBANG GOYANG) DOWER DI DESA KEDUNGRINGIN KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
08. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (7kB) |
|
Text (Daftar Isi)
10. DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (71kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31171035_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi, mengetahui analisis usaha, dan untuk mengetahui pemasaran camilan matahari (kembang goyang) dower. Tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Kedungringin selama bulan Februari 2020 sampai dengan bulan April 2020. Metode pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan secara langsung dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran, proses produksi camilan matahari (kembang goyang) dower dilakukan sebanyak 5 kali proses produksi. Proses produksi camilan matahari (kembang goyang) dower yang dilakukan terdapat 7 tahapan yaitu, persiapan alat dan bahan pencampuran bahan, pencetakan, penggorengan, penirisan camilan, pelabelan dan pengemasan, dan penimbangan. Hasil analisis usaha camilan matahari (kembang goyang) dower menggunakan 3 metode analisis BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investment) mendapatkan hasil BEP produksi sebesar 25 kemasan, nilai ini lebih kecil dibandingkan dengan volume penjualan sebesar 40 kemasan. BEP harga sebesar Rp 4.156,-/kemasan, nilai ini lebih kecil dari harga jual sebesar Rp 7.000,-/kemasan, analisis R/C ratio sebesar 1,54 dan ROI sebesar 21,44%. Pemasaran produk camilan matahari (kembang goyang) dower ini menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix dan memasarkan produk dengan harga sebesar Rp 7.000,-/kemasan, dalam pemasaran produk ini dilakukan distribusi langsung dan tidak langsung. Lokasi pemasarannya berada di daerah Banyuwangi dan Jember. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah promosi melalui media online dengan mempromosikan produk melalui platform media sosial seperti Whatsapp dan Instagram
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:59 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:00 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18665 |
Actions (login required)
View Item |