Mujianto, Dimas (2022) Proses Perawatan Dan Pemeriksaan Sistem Rem Angin Kereta K300615 Pt. Kai Daop Ix Jember Depo Kereta Besar B Ketapang. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (202kB) |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (320kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (418kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Dimas Mujianto_Laporan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan unit bisnis lainnya, yang diharapkan dapat menjadi wahana penumbuhan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Praktek Kerja Lapang ini merupakan kegiatan Akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jember Depo Kereta Besar B Ketapang selama 3 bulan, mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2021. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktekkan bagaimana cara perawatan dan pemeriksaan sistem rem angin pada kereta K300615. Perawatan dan pemeriksaan sistem rem angin pada kereta K300615 merupakan suatu aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas sistem rem angin agar dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi sebelumnya. Tindakan perawatan dan pemeriksaan pada sistem rem angin ini dilakukan secara rutin. Sistem rem angin pada kereta berfungsi untuk menunjang terjadinya pengereman pada kereta. Pengereman pada kereta memerlukan angin atau udara dari kompresor pada lokomotif kereta. Kompresor adalah mesin atau alat yang berfungsi meningkatkan tekanan udara atau gas. Cara kerja rem pada kereta K300615 menggukan sistem rem angin. Sistem ini bekerja pada satu tekanan yaitu tekanan maksimum sebesar 3.8 Kg/Cm2, karena berat pada kereta penumpang tidak terjadi perubahan yang signifikan sehingga gaya pengereman tetap sama baik kereta itu kosong maupun terisi oleh penumpang. Pada saat pengereman terjadi penurunan tekanan udara pada instalasi pipa utama, tekanan ini lah yang mendorong torak brake silinder untuk menekan sepatu rem kepada roda sehingga kereta dapat mengurangi laju kecepatan atau bahkan mampu memberhentikan laju kereta.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Perawatan, Pemeriksaan, Rem Angin Kereta | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Dimas Mujianto | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2023 01:51 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2023 01:52 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18385 |
Actions (login required)
View Item |