Pengaruh Tingkat Penyangraian Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Java Arabica Coffee Full Wash Anaerob

Ibrahim, Tegar (2022) Pengaruh Tingkat Penyangraian Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Java Arabica Coffee Full Wash Anaerob. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B41181261_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kopi (Coffea sp) merupakan komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan petani kopi di Indonesia. Kopi Java arabica termasuk dalam produk kopi daerah Bondowoso. Java arabica coffee merupakan single varietas Java atau turunan varietas typica. Selama pengolahan dan penanganan pasca panen biji kopi, semua aspek harus diperhatikan untuk menjaga kualitas biji kopi. Pengolahan kopi secara basah (full wash) dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pengolahan kopi secara kering (dry processing). Penyangraian (roasting) kopi ialah proses perpindahan panas yang kompleks. Selama proses penyangraian terjadi perubahan ukuran, warna, dan cita rasa pada biji kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penyangraian dan perlakuan terbaik terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik Java arabica coffee anaerob. Metode penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor dengan tingkat penyangraian light roast, medium roast dan dark roast dengan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh tingkat penyangraian memberikan pengaruh nyata terhadap susut bobot, densitas kamba, warna, kadar air, kadar abu, pH, total asam dan hedonik flavor, namun tidak berpengaruh nyata terhadap hedonik warna, aroma, body dan aftertaste. Perlakuan terbaik ditunjukan oleh perlakuan light roast dengan nilai susut bobot, densitas kamba dan warna (L,a,b) berturut-turut sebesar 11,03%, 0,41g/ml dan (28,60, 10,46, 10,09), sedangkan kadar air, kadar abu, pH dan total asam dengan nilai berturut-turut 4,08%, 2,99%, 5,10 dan 1,02%. Uji hedonik warna, aroma, flavor dan aftertaste menghasilkan nilai berturut-turut sebesar 3,80, 3,68, 4,10 dan 3,85 yang menunjukan skala suka. Pada hedonik body menghasilkan nilai sebesar 3,43 yang menunjukan skala sedikit suka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDN0028097302
Uncontrolled Keywords: Arabika, Java Arabica, Kopi, Penyangraian
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Tegar Ibrahim
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:34
Last Modified: 15 Dec 2022 01:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item View Item