Menjadi Waiter di Departemen Food & Beverages Service Samara Hotel & Resort

Baskara, Widhy Pratama Menjadi Waiter di Departemen Food & Beverages Service Samara Hotel & Resort. Project Report. Widhy Pratama Baskara, Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
F31172185 Widhy Pratama Baskara - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
F31172185 Widhy Pratama Baskara - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
F31172185 Widhy Pratama Baskara - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
F31172185 Widhy Pratama Baskara - Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3kB)

Abstract

Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapang selama 5 bulan di Samara Hotel & Resort, yang dimulai pada tanggal 01 September 2019 sampai 31 Januari 2020. Di Samara Hotel & Resort ada 7 departemen, diantaranya: Accounting Department, Front Office Department, Housekeeping Department, F & B Service Department, F & B Product Department, Security dan Enginering. Selama 5 bulan penulis mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak hal di departemen Front Office sebagai Concierge dan sebagai Waiter di departemen Food & Beverage Service. Di minggu pertama penulis ditempatkan di departemen Front Office bagian Concierge, lalu dipindahkan ke bagian Receptionist di minggu kedua. Setelah 2 minggu bekerja sebagai Receptionist, penulis dipindahkan ke Operator Reservasi selama 4 minggu. Kemudian, penulis dipindahkan ke departemen Food & Beverage Service sebagai Waiter. Selama praktik kerja lapang, penulis ditempatkan di departemen Food & Beverages Service sebagai waiter di Jasmine Restaurant. Departemen Food & Beverage mempunyai tanggung jawab untuk menangani pemesanan makanan dan minuman, melayani tamu di Jasmine Restaurant, kamar dan area kolam dan juga mempunyai tanggung jawab untuk membantu staff banquet. Ada beberapa aktivitas yang sudah penulis lakukan di Jasmine Restaurant seperti: menerima pesanan, room service, melayani tamu di waktu breakfast, menyiapkan buffet, menyajikan welcome drink, dan menangani event sebagai staff banquet. Dengan program praktik kerja lapang di Samara Hotel & Resort, penulis mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baik dari departemen Front Office dan Food & Beverages Service. Sebenarnya tidak hanya pengetahuan dari departemen-departemen yang saya tempati, namun juga pengetahuan dari departemen lainnya, seperti Housekeeping. Penulis belajar dari senior-senior dari departemen Housekeeping tentang beberapa hal mengenai persiapan kamar. Dengan pengalaman-pengalaman ini, penulis dapat menerapkan pengetahuan terutama Bahasa Inggris untuk Hotel dan Restoran yang pernah penulis dapatkan selama belajar di Program Studi Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jember. Jadi, penulis mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan dan menyenangkan saat melakukan praktik kerja lapang di Samara Hotel & Resort.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSusanti, NilaNIDN0015097801
Uncontrolled Keywords: Hotel, Restaurant, Waiter
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Widhy Pratama Baskara
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:39
Last Modified: 25 Nov 2022 02:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17863

Actions (login required)

View Item View Item