Hubungan Konsumsi Vitamin B6, Zinc, dan Usia Menarche dengan Kejadian Premenstrual Syndrome pada Mahasiswi Politeknik Negeri Jember

Hartono, Wahyu Nur Chofifah (2022) Hubungan Konsumsi Vitamin B6, Zinc, dan Usia Menarche dengan Kejadian Premenstrual Syndrome pada Mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42181538_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan kumpulan gejala fisik maupun psikis yang dialami oleh wanita menjelang masa menstruasi. Umumnya PMS terjadi antara 7 hingga 14 hari sebelum menstruasi berlangsung. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada 31 mahasiswi Politeknik Negeri Jember diketahui bahwa 100% responden mengalami PMS. Sejumlah 19 mahasiswi mengalami gejala PMS ringan, dan 12 lainya mengalami gejala PMS sedang. Faktor yang menyebabkan terjadinya PMS terdiri faktor eksternal dan internal. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi PMS yaitu kurangnya konsumsi vitamin B6 dan zinc, sedangkan faktor internal dapat berupa usia menarche. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsumsi sumber vitamin B6, zinc, dan usia menarche dengan kejadian PMS pada mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Total responden pada penelitian ini adalah 104 mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar PSP, informed consent, form SQ-FFQ, dan kuesioner sPAF. Teknik analisis yang digukanan yaitu analisis univariat dengan software nutrisurvey 2007 dan bivariat dengan uji chi square dengan software SPSS versi 25. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara frekuensi konsumsi vitamin B6 dengan kejadian PMS (p = 0,023) dan asupan vitamin B6 dengan kejadian PMS (p = 0,017). Terdapat hubungan antara frekuensi konsumsi zinc dengan kejadian PMS (p = 0,003) dan asupan zinc dengan kejadian PMS (p = 0,002). Serta terdapat hubungan antara usia menarche dengan kejadian PMS (p = 0,001).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDamayati, Ratih PutriNIDN0013108802
Uncontrolled Keywords: premenstrual syndrome, vitamin B6, zinc, usia menarche
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Wahyu Nur Chofifah Hartono
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:11
Last Modified: 01 Nov 2022 01:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17566

Actions (login required)

View Item View Item